Paul McCartney Gugat Kepemilikan Tiga Lagu The Beatles

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 19/01/2017 14:10 WIB
Paul McCartney Gugat Kepemilikan Tiga Lagu The Beatles Ia menggugat Sony/ATV Music Publishing atas kepemilikan beberapa lagu seperti I Want To Hold Your Hand, Love Me Do dan All You Need Is Love. (Foto: darkmoon1968/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paul McCartney menggugat Sony/ATV Music Publishing atas kepemilikan beberapa lagu grup band legendaris The Beatles. Lagu-lagu yang dimaksud yakni I Want To Hold Your Hand, Love Me Do dan All You Need Is Love.

Diberitakan NME, lagu-lagu itu dulunya dibeli oleh Michael Jackson, ketika mendiang 'Raja Pop' berhasil mengalahkan McCartney untuk penawarannya. Penawaran itu disebutkan senilai US$41.5 juta atau Rp 554,6 miliar untuk katalog ATV music The Beatles pada 1985.

Beberapa tahun setelah kepergian pelantun lagu Beat it, pewarisnya The Jackson pun menjual saham itu pada Sony/ATV seharga US$750 juta (Rp 10 triliun), pada tahun lalu.


Merasa lebih berhak atas kepemilikan lagu-lagu itu, menurut McCartney, ia secara hukum akan merebutnya kembali pada 2018. Namun, pihak Sony sendiri belum mengonfirmasi apakah mereka akan menyerahkan lagu tersebut tanpa sengketa.

"Paul McCartney hari ini mengajukan gugatan di pengadilan federal di New York melawan Sony/ATV untuk mengonfirmasi kepemilikannya, yang diberikan oleh undang-undang hak cipta AS," kata juru bicaranya dalam sebuah pernyataan kepada Pitchfork.

Juru bicara itu menambahkan bahwa lagu tersebut ditulis McCartney bersama mendiang John Lennon dan direkam bersama The Beatles.

"Gugatan itu diajukan di Pengadilan AS untuk Distrik Selatan New York dan Dengan berkat kasus nomor 17cv363," ungkapnya.

Sementara itu, McCartney sendiri belum memberikan pernyataan langsung soal tuntutannya itu. Dia terakhir kali terlihat tampil pada perayaan tahun baru bersama The Killers.

Band asal Las Vegas yang tampil di St. Barts untuk pengusaha Rusia dan pemilik klub sepakbola Chelsea Roman Abramovich, membuat kejutan dengan kehadiran pemain gitar The Beatles. Kala itu, McCartney hadir membawakan salah satu lagu dari band lamanya itu, Helter Skelter.