Joe Taslim Gabung Serikat Aktor Amerika Serikat

Resty Armenia, CNN Indonesia | Rabu, 08/02/2017 19:40 WIB
Joe Taslim Gabung Serikat Aktor Amerika Serikat Joe Taslim bergabung ke dalam serikat pekerja industri film, televisi, dan radio. (CNN Indonesia/Munaya Nasiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Joe Taslim mengungkapkan bahwa dirinya telah resmi bergabung dengan Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA), sebuah serikat pekerja khususnya bagi aktor, sineas, dan pelaku di industri televisi dan radio.

Pada Rabu (8/2) dini hari tadi, Joe mengunggah sebuah foto di lini cerita akun Instagram miliknya. Gambar tersebut merupakan screenshoot keanggotaan Joe di situs SAG-AFTRA.

Bersama dengan gambar itu, pria asal Palembang itu menulis keterangan dengan bahasa Inggris, "Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) adalah serikat pekerja Amerika yang merepresentasikan sekira 160 ribu petinggi dan orang yang bekerja di balik layar film dan televisi, jurnalis, seniman rekaman, dan tokoh radio di seluruh dunia."


Hal itu pun dikonfirmasi oleh manajer Joe. "Iya, Joe Taslim sudah bergabung dengan SAG. Itu adalah serikat, jadi seorang aktor tidak ada tugas apa-apa, hanya dinaungi lembaga aktor Amerika Serikat," ujar sang manajer kepada CNNIndonesia.com.

Joe pun belum yakin apakah ia merupakan satu-satunya aktor dari Indonesia yang menjadi anggota serikat yang berpusat di Los Angeles, California itu.

"Sepertinya tidak ada [aktor lain dari Indonesia yang menjadi anggota SAG-AFTRA] ya. Tidak tahu kalau Iko [Uwais], apakah sudah bergabung atau belum," katanya.

Untuk menjadi anggota SAG-AFTRA, seorang yang profesinya sesuai dengan bidang yang dinaungi organisasi itu harus melewati beberapa tahapan. Pertama, SAG-AFTRA harus melegitimasi dan melakukan validasi aplikasi dan bukti pekerjaan.

Joe sendiri sudah pernah dua kali ikut main film Hollywood: Fast & Furious 6 dan Star Trek Beyond. Film yang melambungkan namanya, The Raid pun mendapat perhatian khusus dari Hollywood.

Setelah dinyatakan sesuai dengan seluruh persyaratan, pendaftar harus mengontak kantor SAG-AFTRA terdekat, sehingga serikat tersebut bisa memutuskan berapa biaya pendaftaran yang harus dibayar. Jika sudah diakui sebagai anggota, pendaftar harus mengirimkan dokumen bukti penerimaan ke kantor utama SAG-AFTRA di Los Angeles.

Joe mengatakan, jika sudah resmi menjadi terdaftar, maka anggota harus membayar sejumlah uang untuk iuran tahunan. Sementara keuntungan menjadi anggota SAG-AFTRA adalah bisa mengecek tambahan televisi dan teatrikal; melihat kontrak, seminar karier, dan workshop; memperbarui kontak informasi; dan membuat daftar riwayat hidup secara online di iActor. (res/rsa)