'Philosopy Gang' Harry Roesli Dirilis Ulang dalam Bentuk CD

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 27/05/2017 18:35 WIB
'Philosopy Gang' Harry Roesli Dirilis Ulang dalam Bentuk CD Album 'Philosophy Gang' milik band legendaris The Gang of Harry Roesli resmi dirilis ulang versi CD. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah dirilis ulang dalam bentuk piringan hitam pada Maret lalu, album Philosophy Gang milik band legendaris asal Bandung, The Gang of Harry Roesli resmi dirilis ulang versi CD, Kamis (25/5) kemarin. Menurut Rendy Pratama dari La Munai Records, album dalam bentuk CD ini tersedia untuk pasar musik di Indonesia dan Jepang.

Selain versi CD-nya, album ini juga secara resmi tersedia dalam format digital lewat layanan musik streaming, demi mengenalkan sosok Harry Roesli dan musiknya lewat album Philosophy Gang pada anak muda.

"Agar penikmat musik, terutama anak muda, bisa tahu akan keberadaan album-album Indonesia di masa lalu, termasuk album Philosophy Gang ini," katanya, melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (26/5).
Tak berhenti di sana, Rendy mengungkapkan, dalam rangka program rilis ulang album The Gang of Harry Roesli - Philosophy Gang ini, La Munai bersama dengan Irama Nusantara, yayasan arsip musik populer Indonesia, mengatakan telah mempersiapkan sebuah film dokumenter.


Film yang mengangkat tentang perjalanan atau proses di balik album itu diberi tajuk Your Fantasy Right Here dan dijadwalkan rilis akhir tahun ini.

Versi piringan hitam Philosophy Gang sendiri telah terjual sebanyak 500 keping, di Indonesia, Jepang, dan beberapa negara di benua Eropa dan Amerika Serikat.

"Bukan semata-mata untuk memenuhi demand saja, dirilisnya piringan hitam ini juga bertujuan untuk memperluas informasi bahwa Indonesia punya musisi jenius seperti Harry Roesli dan album ini," katanya.
Album Philosophy Gang milik The Gang of Harry Roesli pernah dinobatkan sebagai salah satu dalam 150 Album Terbaik Indonesia Sepanjang Masa versi Rolling Stone Indonesia pada 2007.

Lagu Malaria yang ada di album ini tak luput dari daftar 150 Lagu Terbaik Indonesia Sepanjang Masa versi Majalah Rolling Stone Indonesia Sepanjang Masa pada 2009.

Sedangkan nama Harry Roesli sebagai musisi masuk dalam 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa versi Majalah Rolling Stone Indonesia pada 2008.
Album Philosophy Gang ini pertama kali dirilis oleh Lion Records, sebuah label dari Singapura, pada tahun 1973 yang tidak menjual album ini secara umum. Baru 44 tahun kemudian, tepatnya pada 17 Maret 2017, album ini secara resmi dirilis dan diedarkan secara luas kepada publik musik di Indonesia dalam format piringan hitam, menyusul CD dan versi digitalnya.