George R.R Martin Tak Akan Rilis 'Winds of Winter' Tahun Ini

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 14:01 WIB
George R.R Martin Tak Akan Rilis 'Winds of Winter' Tahun Ini Penulis George R.R Martin mengumumkan bahwa penggemar harus menunggu lebih lama untuk buku keenam dari seri 'A Song of Ice and Fire,' 'Winds of Winter.' (REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penulis George R.R Martin membawa kabar buruk sekaligus baik bagi para penggemar Game of Thrones. Melalui situsnya, Martin mengumumkan bahwa penggemar harus menunggu lebih lama untuk buku keenam dari seri A Song of Ice and Fire, Winds of Winter.

Dia memastikan bahwa buku yang telah lama dinantikan itu tidak akan dirilis tahun ini.

"Tidak, [Winds of] Winter tidak akan hadir... Paling tidak, bukan pada 2018," tulisnya dalam pernyataan, melansir AceShowbiz.



Martin kemudian memberi penawaran lain sebagai bentuk permohonan maaf karena telah membuat penggemar tetap menunggu buku tersebut.

"Bagaimanapun, Anda tetap dapat kembali ke Westeros tahun ini," lanjutnya.

Penulis berusia 69 tahun ini lantas mengumumkan bahwa dia akan merilis sebuah buku prekuel setebal 989 halaman yang diberi judul Fire and Blood. Buku itu akan mengeksplorasi tentang sejarah Targaryens.


"Saya ingin menekankan sekaligus menyampaikan bahwa Fire and Blood bukan novel. Ini juga bukan narasi tradisional dan tidak pernah dimaksudkan seperti itu, sebut saja ini salah satu 'khayalan sejarah,'" katanya.

Di sisi lain, Martin turut mengungkapkan alasannya menunda perilisan Winds of Winter. Menurutnya, hal itu disebabkan karena gangguan dari seri drama televisi HBO yang diadaptasi dari novel itu, Game of Thrones.

Belum lagi, penulisan untuk karya dan proyek lain. Dia pun harus berjuang untuk melanjutkan kompleksitas narasi dengan memenuhi standar tinggi sendiri.


Bagian dari seri A Song of Ice and Fire terakhir yang dirilis yakni A Dance with Dragons  pada 2011. Itu dirilis bersamaan dengan peluncuran musim pertama serial Game of Thrones.

Sementara Winds of Winter belum mendapat waktu rilis, Fire and Blood akan diluncurkan pada 20 November mendatang. Adapun musim terakhir serial Game of Thrones direncanakan tayang pada 2019. (res)