FOTO: Masjid Cagar Budaya dari Penjuru Nusantara

Antara, CNN Indonesia | Minggu, 27/05/2018 21:02 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Selain sebagai tempat beribadah, masjid-masjid ini juga menjadi destinasi wisata sekaligus cagar budaya yang menyimpan nilai historis tinggi.

Masjid Layur, Dadapsari, Semarang, Jawa Tengah didirikan pada 1802 oleh saudagar asal Yaman. Sampai saat ini ia masih digunakan sebagai salah satu pusat dakwah di Semarang. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Masjid kuno Indrapuri di Aceh Besar, Aceh pada abad ke-12 merupakan sebuah candi dari Kerajaan Hindu Lamuri. Ia kemudian berubah menjadi masjid dan tempat beribadah umat Muslim setelah Kerajaan Lamuri menjadi penganut Islam. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Masjid Agung Demak, Jawa Tengah didirikan Raja Demak Raden Patah bersama Sembilan Wali (Wali Songo) yang sekaligus berperan sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa pada abad ke-15. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Di Surabaya, Jawa Timur ada Masjid Jami' Peneleh yang didirikan Sunan Ampel dan merupakan salah satu masjid tertua di Surabaya. Ia dibangun pada sekitar abad ke-14. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Masjid Agung Al-Falah di Jambi disebut juga Masjid Seribu Tiang karena punya 232 tiang penyangga atap dan kubah. Ia diresmikan pada 1980 oleh mantan Presiden Soeharto. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Masjid Sumur Gumuling, Taman Sari, Yogyakarta yang dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I pada 1758 dulu sempat difungsikan sebagai masjid bawah tanah. Kini ia menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan arsitektur di Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andrea Fitri Atmoko)
Masjid Al Amin di Desa Wani II, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dibangun pada 1906 dan menjadi salah satu peninggalan syiar Islam di Sulawesi Tengah. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Sore di Masjid Tua Katangka Gowa, Sulawesi Selatan. Itu merupakan masjid tertua di Sulawesi Selatan yang dibangun pada 1603. Di sekitarnya, terdapat makam keturunan raja-raja Gowa. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Masjid Menara Kudus di Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah dibangun pada masa Sunan Kudus pada 1549 M dengan arsitektur perpaduan budaya Islam dengan budaya Hindu. Hasilnya, masjid itu punya menara yang berbentuk seperti candi. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)