Berkarier di AS, Tiffany Young Merasa Mirip Mia 'La La Land'

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 14/08/2018 09:34 WIB
Berkarier di AS, Tiffany Young Merasa Mirip Mia 'La La Land' Mantan anggota SNSD, Tiffany Young mengaku harus jatuh-bangun memulai karier di Hollywood, tak ubahnya seperti Mia Dolan 'La La Land'. (Dok. SM Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi asal Korea Selatan Tiffany Young mengisahkan perjuangannya memulai karier di Hollywood pasca hengkang dari grup Girls' Generation alias SNSD.

Tiffany hengkang dari grup yang membesarkan namanya itu pada Oktober 2017 lalu dengan tidak memperpanjang kontraknya bersama SM Entertainment.

Ia tidak melanjutkan kariernya bersama SNSD dengan alasan mengembangkan karier di Hollywood, Amerika Serikat. Tiffany pun mengganti namanya dan telah merilis lagu debutnya, Over My Skin, baru-baru ini.


Namun siapa sangka, memiliki nama besar di Korea Selatan menjadi modal yang memudahkan langkah Tiffany. Ia mengaku memulai lagi dari nol di tanah idaman pelaku industri hiburan dunia tersebut.

"Saya bekerja keras setiap hari seperti ketika saya menjalani hari-hari pelatihan saya dahulu [dengan SM Entertainment]," kata Tiffany Young kepada Yonhap.


"Memimpikan berkarier di Hollywood, saya kini mengikuti sekolah akting dan sedang menyelesaikan tahun pertama saya [di sekolah tersebut]," lanjut Tiffany.

"Saya juga mendapatkan pelajaran lainnya yang berfokus pada menari saat saya punya waktu luang. Dan saya sibuk mengikuti berbagai audisi [untuk film dan televisi] pada Januari-Maret lalu," kata Tiffany menjabarkan kegiatannya di Hollywood.

"Anda pasti melihat kehidupan saya seperti [karakter] Mia dalam film 'La La Land'," canda Tiffany.

Mia Dolan yang diperankan oleh aktris Emma Stone dalam film La La Land adalah karakter wanita yang berjuang mewujudkan mimpinya menjadi aktris Hollywood.

Mia ikut ratusan audisi, bekerja di sekitar studio, hingga akhirnya bertemu Sebastian (Ryan Gosling) dan bersama mengejar mimpi masing-masing. Emma Stone mendapatkan piala Oscar pertamanya pada 2017 lalu berkat peran itu.


Namun mengejar mimpi bak Mia Dolan tak membuat Tiffany Young melupakan jati dirinya dari Korea Selatan. Pengalaman yang ia dapatkan selama menjalani karier di Korea ia tuang saat menggarap lagu debutnya di AS, Over My Skin.

"Karena lagu ini dijadwalkan dirilis pada musim panas, ini memiliki nuansa yang semangat dan percaya diri. Saya ingin mengombinasikan unsur K-Pop dan pop [Amerika]," kata Tiffany.

"Saya pergi ke Korea Selatan karena saya suka musik K-Pop, dan saya juga suka musik pop di sini. Jadi saya pikir keduanya dalam lagu tersebut akan membentuk identitas saya," lanjutnya.

Usai merilis lagu, Tiffany pun melakukan serangkaian kegiatan promosi ke radio-radio. Ia mengaku girang ketika lagunya diputar di radio di Amerika Serikat, pun melakukan wawancara dengan majalah favoritnya: Rolling Stone dan Billboard.

"Segalanya baru bagi saya," kata Tiffany.

[Gambas:Instagram]

Peluang Kembali dengan SNSD

Di sisi lain, Tiffany mengaku kepada Yonhap bahwa hubungan dirinya dengan personel SNSD lainnya masih terjalin dengan baik walaupun mereka sudah tak lagi dalam label atau pun grup yang sama.

Hal itu dibuktikan Tiffany bahwa suatu kali, ia pernah curhat kepada personel Girls' Generation tentang kesulitannya menapak karier di Amerika Serikat. Salah satu anggota, Yoona memberikan semangat kepadanya.

"Ia [Yoona] berkata 'ini yang selama ini kau idam-idamkan. Semangatlah!'," kenang Tiffany.

"Memikirkan para personel SNSD lainnya memberikan saya semangat dan mendorong saya untuk bekerja lebih keras lagi. Saya ingin mencoba semuanya agar ini berhasil," lanjutnya.

Pada 5 Agustus lalu, SNSD merayakan 11 tahun usia mereka sejak debut pertama kali. Kini, sudah ada tiga anggota yang pergi dari salah satu girlband besar Korea Selatan tersebut.
Tiffany mengaku bukan mustahil ia dan SNSD kembali bersama.Tiffany mengaku bukan mustahil ia dan SNSD kembali bersama. (Valerie Macon/Getty Images/AFP)
Walau sudah memulai karier di AS, Tiffany mengatakan bukan hal mustahil untuk dia dan SNSD serta anggota lainnya kembali bersama.

"Kami selalu percaya bahwa kami dapat kembali ke Girs' Generation suatu kali nanti," kata Tiffany.

"Saya amat bersyukur dan bahagia atas kebebasan [untuk berkarier solo] dan percaya bahwa Girls' Generation dapat menjadi sebuah band lagi suatu kali nanti," lanjutnya.

"Kami bertemu sejak kami masih belia, kami adalah teman dan saudara bagi satu sama lain. Girls' Generation adalah keluarga dan rumah saya." kata Tiffany Young, dikutip dari Yonhap.

[Gambas:Youtube] (end)