Sutradara Janjikan 'Mowgli' yang Emosional dan Gelap

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 07:32 WIB
Sutradara Janjikan 'Mowgli' yang Emosional dan Gelap Mengambil latar belakang tempat di India, film 'Mowgli' dikatakan akan bernuansa gelap. (Foto: Dok. Warner Bross. Picture via youtube)
Singapura, CNN Indonesia -- Sutradara sekaligus pengisi suara Andy Serkis memastikan film 'Mowgli' mengandung cerita dengan nuansa emosional dan gelap. Menurutnya 'Mowgli' sudah mengandung cerita bernuansa gelap sejak pertama kali diceritakan lewat buku 'The Jungle Book' (1894) karya Rudyard Kipling.

"Cerita berpusat pada Mowgli dengan perjalanannya yang sangat emosional. Perjalanan hidup yang fenomenal di mana kita bisa mengikuti kehidupan di hutan," kata Serkis Marina Bay Sands Expo and Convention Centre, Singapura, Kamis (8/11).




Karakter Mowgli diperankan aktor Rohan Chand yang berusia 14 tahun. Serkis merasa karakter Mowgli cukup berat dalam film yang ia arahkan, ia pun mengaku takjub dengan kemampuan Rohan yang dianggapnya berhasil memerankan karakter tersebut.

Meski gelap dan emosional, sineas asal Inggris ini mengatakan 'Mowgli' tetap tergolong sebagai film drama, dengan latar tempat hutan yang bukan sekadar berisikan nyanyian dan dansa.

Sebelumnya, kisah 'The Jungle Book' memang sudah diadaptasi dalam berbagai format. Terakhir, pada 2016 Disney mengadaptasi dengan judul yang sama, dengan nuansa yang dapat dikatakan tidak gelap.

[Gambas:Youtube]



Lebih lanjut, Serkis yang mengisi suara karakter beruang bernama Baloo ini mengaku memiliki pengalaman yang baik selama proses syuting yang cukup panjang. Mulai dari memilih pengisi suara untuk sejumlah karakter, membuat animasi, sampai pengambilan gambar.

Serkis merasa 'Mowgli' menjadi salah satu film yang dihuni aktor-aktor kenamaan internasional. Beberapa di antaranya adalah Christian Bale (Bagheera the Panther), Cate Blanchett (Kaa the Python), Naomie Harris (Nisha the Wolf), Benedict Cumberbatch (Shere Khan the Tiger) dan Jack Reynor (Brother Wolf the Wolf).

Bukan sekadar mengisi suara, kata Serkis, aktor tersebut juga menjalani pengambilan gambar. Setiap wajah aktor diambil untuk dikombinasikan dengan wajah binatang yang diperankan.

"Bila kalian bisa bayangkan, kami mengambil wajah Bale dan mengambil wajah Panther. Setelah itu kami satukan, kalian akan melihat Bale dan Panther," kata Serkis.



Serkis melanjutkan, "Dalam film ini banyak budaya India, kalian tidak bisa menceritakan film tanpa menjelaskan budaya yang berkaitan. Budaya India menjadi bagian krusial dalam film ini."

Dalam buku, memang diceritakan Mowgli hidup di hutan India. Salah satu adegan pun menampilkan Holi (Festival Warna), sebuah perayaan untuk menyambut musim semi yang jadi tradisi di negara tersebut.

Di kesempatan yang sama, Serkis juga mengumumkan 'Mowgli' akan rilis pada 7 Desember mendatang. (adp/rea)