Chris Brown Terancam Dipenjara Karena Monyet

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/12/2018 09:40 WIB
Chris Brown Terancam Dipenjara Karena Monyet Chris Brown terancam hukuman penjara akibat memelihara monyet capuchin. (Foto: REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Chris Brown disebut terancam dipenjara lantaran memelihara monyet.

Brown diketahui memelihara seekor bayi monyet capuchin yang diberi nama Fiji. Ia 'ketahuan' karena Fiji muncul di akun media sosial pria 29 tahun itu, yang ternyata tak punya izin untuk memelihara hewan lucu yang telah masuk perlindungan Americans with Disabilities Act atau ADA.

Artinya, monyet capuchin tidak diperbolehkan dipelihara terkait kesejahteraan monyet itu sendiri, berpotensi mengakibatkan cedera pada manusia serta kemungkinan penyebaran penyakit.


Melansir Ace Showbiz, Jaksa Kota Los Angeles telah mendakwa Brown dengan dua tuduhan memiliki spesies tersebut tanpa izin. Hukuman maksimum yang paling mungkin diterima Brown jika terbukti bersalah adalah dipenjara selama enam bulan.


Brown dilaporkan oleh orang-orang yang melihat unggahan foto dan video Fiji di Instagram.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Pengacaranya, Mark Geragos berkata, "Saya sering meninggalkan kantor di pusat bisnis Los Angeles dan berjalan melewati orang-orang yang tidur di jalanan untuk membela mereka yang didakwa Jaksa Kota karena menjual ganja medis... Sekarang menghabiskan uang para pembayar pajak untuk menginvestigasi bisnis monyet, ini benar-benar absurd."

Organisasi peduli hewan, RSPCA atau Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals menjelaskan alasan mengapa timbul pelarangan memelihara monyet.


"Capuchin, seperti spesies primata lainnya, bukan hewan yang tepat untuk dipelihara. Di lingkungan rumah, mereka menjadi tak bahagia dan akibatnya, bisa jadi agresif. Mereka butuh berada di sekitar capuchin lain dan ruang luas untuk bergerak. Kebutuhan ini tak bisa dipenuhi di rumah," kata perwakilan RSPCA.

"Jika dipelihara sebagai hewan peliharaan, capuchin sangat mungkin menderita masalah kesehatan yang mengancam jiwa dan mahal karena mereka membutuhkan makanan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi," lanjutnya.

Sejak Desember 2017, Brown telah mengundang kontroversi ketika dirinya diketahui membeli Fiji sebagai hadiah untuk putrinya yang berusia tiga tahun, Royalty. Fan dan aktivis hak hewan berpendapat monyet itu berhak hidup di alam bebas.

Sebenarnya Brown bukan bintang Hollywood pertama yang memiliki hewan eksotis sebagai peliharaan. Justin Bieber juga pernah memelihara monyet berjenis sama, sementara petinju Mike Tyson pernah bepergian membawa tiga ekor harimau Bengal putih dan Raja Pop Michael Jackson kerap terlihat bersama simpanse yang diberi nama Bubbles.

Brown dijadwalkan menjalani persidangan pada 6 Februari mendatang. (rea)