Radiohead dan The Cure Masuk Daftar Rock & Roll Hall of Fame

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 30/03/2019 13:23 WIB
Radiohead dan The Cure Masuk Daftar Rock & Roll Hall of Fame Band The Cure. (Julio Cesar Aguilar / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band asal Inggris, Radiohead dan The Cure, didaulat masuk dalam daftar Rock & Roll Hall of Fame bersama penyanyi wanita Janet Jackson.

Bersama mereka juga masuk nama Stevie Nicks yang sebelumnya namanya juga telah masuk bersama bandnya Fleetwood Mac.

Acara penobatan musisi dalam daftar bergengsi itu digelar di Barclays Center, Brooklyn, New York, pada Jumat (29/3).


Menemani musisi satu kampung halamannya di Inggris, nama band heavy metal Def Leppard, band pop eksperimentalis Roxy Music, dan band rock psikadelika The Zombies juga masuk dalam daftar tersebut.

Masuknya nama Janet Jackson membuat daftar Rock & Roll Hall of Fame menjadi beragam, karena tak hanya musik R&B juga mendapat tempat di sini.

Janet Jackson bersanding dengan saudaranya, Michael Jackson dan kelompok musik The Jackson Five, yang telah lebih dulu masuk dalam daftar itu.

Padahal setelah isu kasus pencabulan anak tersiar, banyak yang meminta tim Rock & Roll Hall of Fame menghapus nama Michael Jackson dalam daftar tersebut.

Menanggapi hal tersebut, tim Rock & Roll Hall of Fame mengatakan dalam keterangan resmi sebelum acara penobatan pada Jumat kalau Michael Jackson merupakan salah satu pengaruh besar dalam industri musik dunia.

Walau menerima penghargaan yang diberikan kepadanya, Janet Jackson menolak tampil dalam acara tersebut yang disiarkan oleh HBO, saluran televisi yang menyiarkan dokumenter isu pencabulan anak yang dilakukan kakaknya, Surviving Neverland.

Personel boyband One Direction, Harry Styles, memberikan penghargaan kepada Stevie Nicks, yang sebelumnya membuka acara dengan lagu Stand Back.

Berbicara dengan wartawan seusai menerima penghargaan, Nicks yang kini berusia 70 tahun mengatakan kalau penghargaan ini ditujukan kepada seluruh wanita di dunia untuk bisa ikut meraih mimpi seperti dirinya.

"Penghargaan ini membuka pintu bagi musisi wanita lain di dunia kalau mereka bisa berkarya seperti musisi pria," kata Nicks.

Vokalis Radiohead Thom Yorke tidak menghadiri acara penobatan semalam, setelah baru-baru ini memberi tahu Variety bahwa dia "bosan" tentang penghargaan semacam itu.

Thom York juga mengaku sedang sibuk mempersiapkan karya klasik untuk debut di Paris Philharmonic.

Seperti Jackson, Radiohead memilih untuk tidak tampil karena hanya dua anggota, Ed O'Brien dan Phil Selway, menerima penghargaan.

Musisi baru dilirik masuk daftar ini setelah berkarya selama 25 tahun sejak rilis musik komersial pertama mereka.

Radiohead melejit pada 1990-an berkat lagu balada mereka yang berjudul Creep.

The Cure - yang dikenal karena hit New Wave berjudul Lovesong - telah mengalami pergantian banyak personel selama 40 tahun, namun sang vokalis tetap Robert Smith.

Pria berusia 59 tahun yang dikenal karena suaranya yang meratap itu muncul dengan kejutan khasnya berupa rambut hitam dan eyeliner bergaya mata rakun.

Mengatakan kepada orang banyak bahwa memberikan pidato penerimaan jauh lebih sulit daripada menyanyi, Smith membaca daftar terima kasih sebelum mengambil gitarnya untuk tampil.

"Saya lebih suka menggunakan waktu yang dialokasikan untuk memainkan musik," katanya yang langsung disambut sorak-sorai tamu undangan.

[Gambas:Video CNN]

(ard)