Rayssa Dynta Jajal Warna Baru di Album Mendatang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 11:30 WIB
Rayssa Dynta Jajal Warna Baru di Album Mendatang Rayssa Dynta menyebut album terbarunya mendatang dipenuhi pengalaman personal. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Solois Rayssa Dynta berencana merilis album perdana tahun ini. Sebelumnya, ia akan melepas single dalam waktu dekat sebagai perkenalan.

"Rencananya begitu, sebelum album akan ada beberapa single. Lagi berdoa terus nih gue," kata Rayssa saat berkunjung ke kantor CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Rayssa menjelaskan album mendatang berisikan lagu-lagu yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Ia mencoba untuk mendalami berbagai emosi yang pernah dirasakan namun belum pernah diwujudkan menjadi lagu.


Dengan begitu, kata Rayssa, proses penulisan lirik tidak bisa terburu-buru karena amat mengandalkan rasa. Ia mengaku sangat memerlukan waktu sendiri untuk menulis lirik personal.


Dalam prosesnya, musisi kelahiran tahun 1995 ini tidak ingin menentukan batas waktu. Menurutnya, ia pernah mencoba menerapkan batas waktu, namun hasilnya jadi terasa dipaksa dan kurang memuaskan.

"Jadi biasanya bikin dulu draft di rumah, dibawa ke studio baru edit-edit sedikit. Jadi enggak mentah banget pas dibawa ke studio," kata Rayssa.

Rayssa Dynta akan mencoba formula baru untuk album terbaru yang rilis dalam waktu dekat. (CNN Indonesia/M Andika Putra)

Sama seperti Prolog, mini album yang menjadi debut Rayssa, semua lagu dalam album nanti berbahasa Inggris. Ia memperkirakan album mendatang akan berisi 10 lagu. Saat ini, beberapa lagu disebutnya sudah jadi, meski belum benar-benar tuntas.

Dalam proses produksi musik kali ini, Rayssa sendiri mulai turun tangan. Saat penggarapan Prolog, ia tidak ikut campur karena merasa belum mengerti.

"Kebanyakan chords semua dari gue, gue ngerjain draft-nya di rumah dengan software Ableton versi lebih simplenya. Setelah gue udah nemu mood yang gue maksud, gue bawa ke studio terus diperbagus lagi," kata Rayssa.


Beberapa waktu lalu Rayssa merilis single bertajuk Undercover. Nuansa lagu itu terasa lebih bersemangat ketimbang lagu-lagu dalam Prolog yang santai.

Ia menjelaskan bahwa Undercover adalah transisi dari Prolog ke album baru nanti. Rayssa ingin album barunya berisikan lagu-lagu dengan tempo lebih cepat ketimbang Prolog.

"Kalau di Prolog setengah-setengah, ada yang emang ujungnya upbeat ada yang lebih santai. Gue pengen lebih banyak variasi di beat sih, jadi kayak orang mau mood-nya apa, di album ada pilihannya apa," kata Rayssa.

Musik elektronik pop Rayssa Dynta dan cerita hidupnya bisa disaksikan secara streaming dalam acara Music At Newsroom CNNIndonesia.com, Selasa (25/6) pukul 14.00 sampai 15.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]
 
(adp/rea)