Karlie Kloss Pilih Jadi Feminis ketimbang 'Bidadari'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/07/2019 07:45 WIB
Karlie Kloss Pilih Jadi Feminis ketimbang 'Bidadari' Karlie Kloss harus mengambil keputusan penting dalam hidupnya. ( REUTERS/Charles Platiau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Model dan 'bidadari' Victoria's Secret, Karlie Kloss mengungkapkan alasannya tak memperpanjang kontrak dengan merek pakaian dalam wanita tersebut. Menurutnya, hal ini berhubungan dengan citra diri.

Wanita yang telah menyelesaikan pendidikan teori feminis di Universitas New York mengatakan merasa kesan yang ia bawakan saat masih bekerja di sana tidak cukup reflektif tentang dirinya dan pesan yang sebenarnya ingin ia sampaikan.


"Alasan mengapa saya memutuskan untuk berhenti bekerja dengan Victoria's Secret karena saya merasa bahwa kesan yang saya bawa tidak cukup merefleksikan sebagaimana diri saya, dan juga pesan yang ingin saya sampaikan kepada generasi para perempuan muda di dunia tentang bagaimana makna menjadi cantik," katanya dalam wawancara dengan Vogue Inggris.


Diberitakan oleh E! Online, hengkangnya Kloss dari perusahaan lingerie tersebut ia jadikan sebuah pelajaran dan bukti sejauh mana ia telah berhasil meniti kariernya. Dulu, ia masih takut kehilangan pekerjaan, atau kehilangan posisi tertentu apabila 'menolak untuk melakukan sesuatu'. Tetapi, kini keputusan itu dirasanya tepat.

"Semakin saya menggunakan kekuatan suara saya, semakin banyak saya disegani oleh orang-orang sebaya saya. Dan saya pun lebih menghargai diri sendiri. Sekarang saya memiliki rasa percaya diri untuk berdiri tegak, dan tahu kekuatan suara saya," katanya.

Kala itu, model 26 tahun tersebut sedang mengenyam pendidikan di Universitas New York tentang teori feminis. Di saat bersamaan ia mulai menerapkan pelajaran yang didapat dalam keseharian.


"Saya rasa itu (memutuskan kontrak kerja) merupakan sebuah momen yang sangat penting untuk mulai melangkah dengan kekuatan saya sebagai seorang feminis. Dengan kemampuan untuk mengambil pilihan dan naratif saya sendiri, apakah itu melalui perusahaan yang saya pilih untuk bekerja sama, atau melalui kesan yang ingin saya tunjukkan kepada dunia," lanjutnya.

Karlie Kloss memulai kariernya sebagai 'bidadari' Victoria's Secret pada 2013. Ia tampil di dua runway sebelum hiatus untuk melanjutkan pendidikan pada 2015-2016. Lantas ia kembali berlenggok pada 2017 sebelum memutuskan hengkang. Selain menekuni bidang modeling, Kloss memiliki sebuah organisasi pendidikan coding untuk perempuan bernama Kode with Klossy yang didirikan tahun 2014. (taj/rea)