Bangunan Runtuh

Gereja Runtuh di Nigeria, Puluhan Tewas

Ranny Virginia Utami, CNN Indonesia | Senin, 15/09/2014 14:40 WIB
Gereja Runtuh di Nigeria, Puluhan Tewas Gereja di Nigeria yang runtuh sedang dalam perbaikan (CNN)
Jakarta, CNN Indonesia --
Puluhan warga tewas akibat tertimbun reruntuhan bangunan Gereja Synagogue di wilayah Ikotun, Lagos, Nigeria pada Jumat (12/9). 

Gereja tersebut runtuh saat sedang dilakukan renovasi untuk penambahan dua lantai.
 
"Sebanyak 130 warga berhasil diselamatkan dari reruntuhan gereja, sedangkan 44 warga ditemukan tewas," kata Ibrahim Farinloye, koordinator wilayah barat daya Badan Nasional Pengendalian Darurat saat memberikan keterangan pada Minggu (14/9).
 
Selain warga sipil, tim penyelamat dan wartawan yang meliput juga menjadi korban saat mereka berusaha mendekati bangunan gereja yang runtuh.
 
Menurut situs resmi seorang pengkhotbah terkenal di Nigeria, Temitope Balogun Joshua, setiap tahun gereja tersebut menjadi rumah ibadah favorit bagi warga Nigeria maupun warga asing pengikutnya.
 
Joshua kerap berkhotbah setiap minggu di gereja tersebut. Ia dijuluki sebagai 'nabi' oleh pengikutnya karena memiliki kemampuan menyembuhkan dan meramal.
 
Melalui akun Facebook miliknya, Joshua mengungkapkan bahwa ruang auditorium gereja telah runtuh. 
 
Ia juga mengatakan bahwa runtuhnya gereja disebabkan oleh lalu lalang pesawat yang terbang terlalu rendah menuju bandar udara Lagos yang dekat dari gereja tersebut.