New York Izinkan 1 Juta Siswa Bolos demi Demo Perubahan Iklim

CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 15:05 WIB
New York Izinkan 1 Juta Siswa Bolos demi Demo Perubahan Iklim Demonstrasi perubahan iklim di berbagai negara. (REUTERS/Alessandro Bianchi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota New York mengizinkan sekitar 1,1 juta pelajar untuk bolos sekolah demi mengikuti demonstrasi global terkait perubahan iklim yang dimulai pada Jumat (20/9) besok.

Dikutip dari CNN, Wali Kota New York Bill de Blasio menuturkan Dinas Pendidikan Kota New York akan memberikan prosedur bagi orang tua dan para pengajar untuk mengizinkan anak-anak berpartisipasi dalam protes global yang akan digelar selama beberapa hari tersebut.


"Kota New York mendukung generasi muda kita. Mereka adalah nurani kita," kata Blasio dalam kicauannya di Twitter.


Dalam prodesur yang telah dikirimkan ke sekolah-sekolah, Dinas Pendidikan Kota New York menegaskan para siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas tetap harus memiliki izin orang tua sebelum berpartisipasi dalam demo.

Sementara itu, pihak berwenang mengatakan bagi siswa sekolah dasar yang ingin bergabung dalam demo harus berpartisipasi bersama dengan orang tua masing-masing.

[Gambas:Video CNN]

Para orang tua yang tidak ingin anaknya ikut serta dalam demo juga harus menulis surat pernyataan izin serupa. Pada dasarnya, anak-anak harus tetap mengikuti protokol kehadiran sekolah masing-masing baik secara tertulis, langsung, atau melalui telepon.

Aksi protes global perubahan iklim di New York ini merupakan bagian dari gerakan Global Climate Strike yang diselenggarakan selama 20-27 September mendatang di seluruh dunia.


Gerakan ini pertama kali terinspirasi dari seorang pelajar sekaligus aktivis cilik asal Swedia, Greta Thunberg. Ia mulai menggelar "protes perubahan iklim" dengan bolos sekolah selama beberapa jam setiap Jumat.

Pada Mei lalu, sebanyak 1,4 juta anak-anak di seluruh dunia melakukan hal serupa Thunberg sebagai bentuk solidaritas.

Kali ini, Global Climate Strike tak hanya diikuti oleh anak-anak dan pelajar. Para pegiat yang bergabung juga mendorong orang dewasa untuk ikut berdemo. Gerakan ini juga didukung oleh sejumlah organisasi lingkungan lain seperti Fridays for Future, Zero Hour, National Children's Campaign, OneMillionOfUs, 350.org, dan beberapa lainnya.


Di New York, massa demonstran diperkirakan akan mulai berkumpul sekitar pukul 12 siang waktu lokal pada Jumat mendatang. Thunberg, akan menjadi salah satu pembicara dalam demo tersebut.

Ia juga akan menjadi salah satu pembicara dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Perubahan Iklim PBB pada 23 September mendatang. (rds/dea)