KILAS INTERNASIONAL

Warga Inggris Makan Karet Gegara Krisis sampai Israel Serbu Al Aqsa

rds | CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 06:34 WIB
Krisis Inggris, serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa, sampai sosok yang diisukan mengkudeta Presiden Xi Jinping jadi sorotan pada Selasa (27/9). Krisis Inggris, serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa, sampai sosok yang diisukan mengkudeta Presiden Xi Jinping jadi sorotan pada Selasa (27/9). (Foto: REUTERS/AMMAR AWAD)
Jakarta, CNN Indonesia --

Krisis di Inggris sampai serangan pasukan Israel ke Masjid Al-Aqsa meramaikan berita internasional pada Selasa (27/9).

Sosok yang diisukan mengkudeta Presiden China Xi Jinping hingga kekacauan di Rusia gegara banyak warga takut wajib militer ke Ukraina juga masih menjadi sorotan.

Berikut kilas berita internasional kemarin:

Pasukan Israel Serang Al Aqsa usai PM Lapid Dukung Negara Palestina

Pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem pada Senin (26/9) usai Perdana Menteri Yair Lapid menyerukan dukungan untuk Palestina.

Pejabat Islamic Waqf yang bertugas mengurus masjid, mengatakan polisi Israel menyerang umat Muslim yang berada di sekitar kompleks saat Subuh, demikian dikutip Al Arabiya.

Peristiwa itu terjadi saat umat Yahudi hendak merayakan Tahun Baru Yahudi atau Rosh hashanah.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Ditunjuk Jadi Perdana Menteri

Putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) ditunjuk sebagai perdana menteri. Jabatan ini secara tradisional dipegang oleh Raja.

Dilansir dari AFP, Rabu (28/9), keputusan pergantian posisi di pemerintahan ini diterbitkan oleh Saudi Press Agency pada Selasa malam waktu setempat.

MbS telah menjadi penguasa de facto kerajaan selama beberapa tahun. Ia sebelumnya menjabat sebagai wakil perdana menteri di bawah Raja Salman.

Rumor Kudeta Xi Jinping dan Sosok yang Diisukan Menggantikannya

Belakangan beredar kabar Presiden China Xi Jinping berada di tahanan rumah dan tengah berlangsung kudeta militer sebulan jelang Kongres Partai Komunis China (PKC).

Di tengah kabar itu, seorang jenderal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Li Qiaoming, diisukan menggantikan Xi.

Li lahir pada 1961. Ia kemudian menjadi jenderal, pangkat tertinggi PLA, pada 2019. Ia juga merupakan anggota komite pusat Partai Komunis China (PKC).

Rusia Paksa WN Ukraina Bantu Invasi, Putin Putus Asa?

Pasukan Rusia dikabarkan tengah merekrut warga Ukraina secara paksa demi bertempur melawan negara mereka sendiri.

Kabar ini muncul usai Presiden Vladimir Putin memerintahkan mobilisasi pasukan cadangan dan wajib militer hingga membuat ribuan warga Rusia kabur karena takut diminta ikut berperang.

[Gambas:Video CNN]

4 Derita Warga Inggris Imbas Biaya Hidup Meroket: Makan Karet-Jadi PSK

Resesidi Inggris menyebabkan warga negara Eropa Barat itu berhadapan dengan biaya hidup yang meroket, terutama kenaikan tagihan listrik dan energi lainnya seperti gas.

Resesi terjadi akibat harga energi yang semakin mahal imbas invasi Rusia ke Ukraina, kebijakan Inggris keluar dari Uni Eropa atauBrexit, dan inflasi yang terjadi usai relaksasi perekonomian usai pandemi Covid-19.

Dikutip dari The Evening Standard, berdasarkan estimasi Institut Ekonomi dan Penelitian Sosial Nasional, sebanyak 1,5 juta rumah tangga Inggris bakal kesulitan membeli makanan dan membayar tagihan energi kala krisis biaya hidup ini

(rds/rds)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER