Pencarian Pesawat

Badan SAR Telusuri Tiga Lokasi Ditemukannya Serpihan

Megiza, CNN Indonesia | Selasa, 30/12/2014 12:53 WIB
Badan SAR Telusuri Tiga Lokasi Ditemukannya Serpihan Selain Pangkalan Bun, ada dua lokasi lain yang terdeteksi menjadi tempat dugaan serpihan pesawat AirAsia QZ8510. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Seksi Operasi Badan SAR Bangka Belitung Andriandi menyatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pengecekan laporan warga, mengenai dugaan temuan serpihan pesawat AirAsia QZ8501. Kepada CNN Indonesia, Andriandi menyebutkan, ada tiga laporan dari tiga lokasi yang diterima oleh timnya sama-sama menemukan serpihan.

"Kami baru mau kroscek lebih lanjut. Ada tiga laporan yang sudah kami terima. Tidak hanya di Pangkalan Bun, Pontianak, tapi laporan mengenai serpihan juga ada di Pulau Mendanau dan di Pulau Tujuh," ujar Andriandi saat dihubungi CNN Indonesia, Selasa (30/12).

Dia menjelaskan, saat ini kapal Basarnas masih dalam perjalanan menuju Pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung dan kecamatan Belinyu, Pulau Tujuh, Kepulauan Riau. Mengenai foto dugaan serpihan pesawat, Andriandi mengatakan pihaknya sudah menerima beberapa gambar.


"Untuk serpihan yang ada di Sektor 12-13 Pangkalan Bun, sudah ada fotonya. Tapi masih buram. Kami masih harus melakukan akurasi terlebih dahulu," katanya.

Dia memastikan, timnya akan segera melapor jika kapal-kapal yang saat ini sedang dalam perjalanan tiba di lokasi tempat ceceran dugaan serpihan pesawat QZ8501. "Mudah-mudahan setelah sampai di lokasi, bisa langsung dipastikan," ujar Andriandi.

Lebih lanjut, dia mengatakan tidak mengetahui keberadaan nelayan-nelayan yang melapor mengenai keberadaan dugaan serpihan pesawat tersebut. Hanya saja, timnya akan tetap mengakomodir semua informasi yang diterima oleh masyarakat. "Kita masih terus mengakomodir informasi dari warga yang merasa melihat sesuatu di laut," katanya.