Ahok Rombak PNS Pemprov DKI Jakarta Usai APBD Cair

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2015 15:25 WIB
Ahok Rombak PNS Pemprov DKI Jakarta Usai APBD Cair Ahok dan ribuan pegaawai PNS Pemprov DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Donatus Fernanda Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan merombak komposisi Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam waktu dekat. Ini perombakan pertama sejak Ahok –sapaan Basuki– menjabat Gubernur.

Perombakan bakal dilakukan setelah Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah DKI Jakarta Tahun 2015 cair. Peraturan Gubernur terkait APBD DKI sendiri telah ditandatangani Ahok kemarin Selasa (21/4).

“Kami mau perombakan dilakukan begitu APBD masuk. Kalau saya potong (jabatan-jabatan PNS Jakarta), yang ribut sama saya banyak. Harus satu-satu saya selesaikan,” ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/4).


Perombakan akan menyasar berbagai tingkat, mulai camat, lurah, kepala dinas, sekretaris kota, sampai kepala dinas.

Selain merombak komposisi PNS, Ahok ingin mengubah konsep lelang jabatan untuk mengisi jabatan dalam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di DKI Jakarta.

Nantinya jika hendak mengganti orang di eselon I dan II, mereka yang sudah berada di eselon itu tak perlu tes, bisa langsung mengganti posisi rekannya yang setingkat. (agk/agk)