Sponsored by

Pemprov DKI dan Polda Rencanakan Car Free Day saat May Day

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Selasa, 28/04/2015 18:16 WIB
Pemprov DKI dan Polda Rencanakan Car Free Day saat May Day Para skater menjajal ruas jalanan, meluncur dan beraksi dengan papan luncur di Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 12 April 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya berencana menggelar car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan, saat peringatan hari buruh atau May Day pada Jumat (1/5) pekan ini.

Pemberlakukan CFD ini dilakukan agar tidak ada gangguan lalu lintas yang terjadi saat demo ribuan buruh pada hari buruh, yang biasanya diikuti oleh ribuan buruh dari beberapa wilayah di luar Jakarta.

"Kita ada rencana bersama Polda akan bikin car free day saja (saat hari buruh). Sama seperti hari minggu saja, di sepanjang jalur utama Jakarta," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/4).


Menurut Ahok, penerapan CFD nanti akan terasa spesial karena diadakan pada hari Jumat. Walaupun CFD diterapkan saat May Day, namun operasional bus Trans Jakarta pada hari itu dipastikan tetap berjalan seperti biasa. "Trans Jakarta tetap jalan," ujar Ahok.

Pada kesempatan tadi, Ahok juga menyampaikan himbauannya kepada buruh yang akan melakukan demonstrasi di Jakarta saat May Day mendatang.

Dia berharap agar para buruh tidak merusak pot-pot tanaman di sepanjang jalan, dan tetap membuang sampah pada tempatnya saat demonstrasi berlangsung.

"Pokoknya tidak rusak-rusak pot dan tanaman, nanti kita akan gugat (kalau ada pengrusakan). Kita sudah bilang, anda harus tertib. Jangan buang sampah sembarangan," kata Ahok.


(meg/meg)