Anies-Sandi Fokus RAPBD 2018 pada 45 Hari Pertama

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Kamis, 12/10/2017 14:30 WIB
Anies-Sandi Fokus RAPBD 2018 pada 45 Hari Pertama Anies Baswedan menilai penyusunan RAPBD menentukan pelaksanaan program di lapangan. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno, akan fokus membahas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 pada 45 hari menjabat. Pernyataan itu disampaikan Anies usai melakukan pengepasan busana dan sesi foto Pakaian Dinas Upacara (PDU).

“Fokus utama begitu mulai bekerja langsung soal RAPBD 2018. Itu 45 hari pertama kami akan banyak fokus di RAPBD,” kata Anies di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/10).

Anies menilai penyusunan RAPBD itu menentukan pelaksanaan program di lapangan. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini ingin memastikan anggaran untuk semua program masuk RAPBD 2018. Ia merasa terbantu karena ada tim sinkronisasi yang bekerja sebelumnya.


“Ada yang sudah dimasukkan dan ada yang belum. Kenapa belum? Karena kami belum memiliki otoritas. Jadi kemarin kami tidak bisa menentukan, tetapi besok kami sudah kerja kami akan panggil semuanya bahwa semua yang menjadi program akan berjalan,” kata Anies Baswedan.

Awak media bertanya mengenai sejumlah program yang djanjikan Anies-Sandi saat kampanye. Pasangan yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera ini memiliki 23 janji kerja.

“Program nanti dong nanyanya, nanti saja. Jadi program kita bicara sesudah pelantikan saja dan kami semuanya ingin memastikan apa yang kami janjikan sampai dengan pelaksanaan berjalan,” kata Anies.

Anies-Sandi akan dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Senin (16/10) mendatang sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah itu, Anies-Sandi akan ke Balai Kota untuk serah terima jabatan bersama Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayar, sidang paripurna istimewa dan selametan di halaman Gedung G.