Pemaparan Visi-Misi Anies di Paripurna APBD pada 15 November

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Senin, 06/11/2017 13:03 WIB
Pemaparan Visi-Misi Anies di Paripurna APBD pada 15 November Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan Gubernur Anies Baswedan akan mendapat kesempatan menyampaikan visi misi dalam Rapat Paripurna APBD. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera menyampaikan visi-misinya dalam rapat Paripurna.

Prasetyo mengatakan para anggota dewan akan mendengarkan visi misi Anies dan wakilnya, Sandiaga Uno, untuk membangun dan menata ibu kota Republik Indonesia itu dalam rapat paripurna Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Rapat paripurna APBD tanggal 15. Pak Anies dan Pak Sandi akan membacakan visi-misinya setelah membicarakan masalah APBD," kata Prasetio usai menggelar jamuan minum kopi (coffee morning) bersama Anies-Sandi, jajaran pimpinan DPRD, dan Pemprov DKI di rumah dinasnya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/11).



Ketua DPRD: Anies Akan Pidato di Paripurna pada 15 NovemberPrasetio Edi Marsudi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pada kesempatan itu, Prasetio menegaskan, tidak ada masalah pribadi antara dirinya dengan Anies-Sandi. Dugaan tersebut sempat muncul karena keengganan Prasetio menggelar paripurna istimewa untuk Anies-Sandi.

Padahal itu sudah diimbau secara resmi melalui surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan ditekan oleh anggota DPR dari fraksi yang partainya menjagokan Anies-Sandi dalam Pilkada 2017.

"Terus terang saja, Pak Anies dan Pak Sandi dengan kami itu enggak ada masalah. Pada waktunya, (Anies) akan membacakan visi-misinya di posisi paripurna yang betul. Paripurna istimewa ini, saya katakan, enggak ada nomenklaturnya di saya," kata Prasetio.

Dengan demikian, Prasetio menegaskan pihaknya sebagai legislatif akan mengawasi langkah eksekutif dalam mengawasi program Anies-Sandi yang direncakanan menggunakan dana APBD 2018 sebesar Rp76 triliun.

"Pak Anies dan Pak Sandi punya keuangan. Saya punya palunya. Kalau keuangan enggak beres, saya enggak akan ketok palu. Saya ngomomg dengan Pak Anies dan Pak Sandi itu salah satunya," kata Prasetio.

Sementara itu, Anies berharap pertemuan dengan jajaran pimpinan DPRD itu akan menjadi awal yang baik bagi eksekutif untuk memulai menjalankan program.

"Terima kasih untuk Pak Pras sudah menjadi tuan rumah yang baik. Ini adalah tradisi yang akan kita bangun bahwa Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) memang bertemu secara reguler, berkala dalam coffee morning ini," kata Anies.


Anies pun menyebut akan segera membeberkan program-programnya kepada publik, setelah ia sampaikan di hadapan anggota dewan pada 15 November mendatang.

Pada coffee morning tersebut, hadir sejumlah tokoh lain, seperti Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana, M. Taufik, dan Triwisaksana, Mayjen TNI Jaswandi, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis. (kid/djm)