Dewan Transportasi Meminta OK Otrip Bukan Cuma Penebus Janji

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Jumat, 26/01/2018 05:08 WIB
Dewan Transportasi Meminta OK Otrip Bukan Cuma Penebus Janji Dewan Transportasi Jakarta menyinggung Pemprov DKI untuk merancang serta melaksanakan betul OK Otrip dan bukan hanya sekadar pelunas janji saat kampanye. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengingatkan pelaksanaan Program One Karcis One Trip (OK Otrip) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus dilakukan dengan maksimal.

DTKJ juga meminta agar sistem transportasi integrasi yang sedang diuji coba ini tidak hanya dilakukan untuk sekadar memenuhi janji kampanye.

Ellen SW Tangkudung dari DTKJ menyebut program OK Otrip sebenarnya bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa langsung diterima oleh masyarakat, bila perencanaanya dilakukan dengan maksimal.


“Kami pernah berdiskusi di sini soal OK Otrip, kalau saja program itu direncanakan dengan maksimal, dengan baik, tak hanya pelaksanaan yang dilakukan untuk penuhi janji kampanye saja,” kata Ellen di kawasan Dinas Perumahan DKI, Jakarta, Kamis (25/1).


Ellen menilai, penempatan lokasi pelaksanaan OK Otrip yang saat ini berada di sejumlah tempat seperti Warakas dan Jelambar tidaklah tepat. Ia menilai Tanah Abang akan jadi lokasi yang lebih tepat sebagai uji coba program moda transportasi terintegrasi itu.

“Bagus kalau OK Otrip uji coba di Tanah Abang. Itu kan penataan transportasi paling sulit. Pasti perencanaan, skema, semuanya akan matang. Ketika di sana (Tanah Abang) sukses, tentu akan mudah dilaksanakan di tempat lain,” kata Ellen.


“Ini malah launching dulu. Uji coba [OK Otrip] di tempat yang mudah. Harusnya [dilakukan di] pusat seperti Tanah Abang itu yang di rancang ulang rutenya,” kata dia.

Ellen juga menyinggung penataan Tanah Abang yang sudah berjalan hampir lebih dari sebulan. Ia berharap evaluasi penataan di Tanah Abang segera dilakukan oleh pihak Dinas Perhubungan.

“Satu soal penataan PKL, oke sudah tuntas. Tapi jangan lupakan isu lainnya yakni penataan transportasi, pertanyaanya yang kedua ini [apakah] sudah selesai [atau] belum,” kata Ellen.

[Gambas:Video CNN] (end)