Ganjil Genap Diperluas saat Asian Games, Sampai Pondok Indah

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Jumat, 20/04/2018 19:43 WIB
Ganjil Genap Diperluas saat Asian Games, Sampai Pondok Indah Sistem ganjil genap akan diperluas saat Asian Games diselenggarakan di DKI Jakarta. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sistem nomor pelat mobil ganjil genap akan diperluas saat Asian Games digelar di Jakarta mulai 18 Agustus 2018. Selain itu ganjil genap juga akan diperpanjang pemberlakukannya mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Saat ini ganjil genap berlaku pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB di dua ruas jalur protokol yakni Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman.

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto mengatakan pembahasan soal perluasan lokasi sistem ganjil genap itu telah dilakukan bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). 

"Kemarin memang saya rapat di Dishub, pertama memang membahas salah satunya rencana perluasan ganjil genap saat Asian Games," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (20/4).


Budiyanto mengatakan sejumlah kawasan yang akan menerima sistem ganjil genap adalah di S Parman, Gatot Subroto, MT Haryono, DI Panjaitan hingga Hotel Pancoran. 

Lalu ada kawasan Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jalan Rasuna Said dan Jalan Arteri Pondok Indah. 

"Itu baru rencana ya," katanya.

Namun Budiyanto mengatakan rencana perluasan lokasi ganjil genap itu hanya dilakukan saat Asian Games berlangsung.

Meski demikian pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang jika memiliki dampak bagus untuk mengurangi kemacetan. 

"Sesaat hanya saat Asian Games. Tapi belum pasti, baru kemarin dirapatkan demikian. Tapi kalau dampaknya bagus bisa juga (diperpanjang)," kata Budiyanto. (sur)