Anies Imbau Warga Pastikan Keamanan Rumah Sebelum Mudik

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 03:28 WIB
Anies Imbau Warga Pastikan Keamanan Rumah Sebelum Mudik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga Jakarta agar memastikan keadaan rumahnya aman sebelum ditinggal mudik ke kampung halaman. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga Jakarta untuk memastikan keadaan rumahnya aman sebelum ditinggal mudik ke kampung halaman.

Anies menyebut ada dua aspek keamanan yang perlu diperhatikan. Pertama soal penjagaan keamaan, dan yang kedua soal aliran listrik dan gas yang harus dipastikan aman.

"Listrik dimatikan, tidak ada gas yang nyala, semua yang terkait keselamatan itu diperhatikan dengan baik," kata Anies di Polda Metro Jaya, Selasa (5/6).
Di sisi lain, Anies menyampaikan nantinya Kantor Kelurahan di Jakarta akan dipersiapkan untuk menjadi tempat penampungan kendaraan bermotor.


Penampungan kendaraan bermotor itu ditujukan bagi warga yang mudik namun tidak membawa kendaraannya.

"Setiap kantor kelurahan nanti akan siap untuk menjadi tempat penitipan," ujarnya.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga sempat mengapresiasi ide untuk menitipkan kendaraan bermotor yang ditinggal mudik di kantor kecamatan atau kelurahan.

Namun, menurutnya keputusan untuk menjadikan kantor kecamatan atau kelurahan sebagai tempat penitipan kendaraan bermotor menjadi wewenang dari pihak kecamatan maupun kelurahan.

"Serahkan saja kepada masing-masing camat dan kelurahan untuk berbicara sama warganya kalau ada kebutuhan itu, karena ini kantor milik warga juga," kata Sandi, Senin (4/6). (age/age)