Alumni UGM Bentuk Relawan Dukung Jokowi

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Sabtu, 28/07/2018 21:14 WIB
Alumni UGM Bentuk Relawan Dukung Jokowi Presiden Joko Widodo. (Detikcom/Andhika Prasetia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Segelintir alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) menyatakan membentuk kelompok relawan untuk mendukung Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019. Kelompok relawan berjuluk 'Bulaksumur untuk Kemenangan Jokowi 2019' (Blusukan Jkw) menyatakan bakal memanfaatkan jejaring masing-masing buat memenangkan Jokowi.

"Di jaringan kita masing-masing agar nanti di pemilihan presiden teman-teman ini berkontribusi dengan nyata, dan cara berkomunikasi masyarakat pun kita berharap betul tidak aur-auran tapi menggunakan data, testimoni-testimoni. Sehingga tercerdaskanlah proses demokrasi pilpres nanti," kata politikus PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah terpilih, Ganjar Pranowo di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (28/7).

Ganjar sebagai salah satu lulusan UGM juga tergabung dalam komunitas Blusukan Jkw. Dia menyatakan bakal memberi dukungan moral, suara, dan jejaring serta pemantauan saat pencoblosan.


Ketua Blusukan Jkw Teguh Indrayana mengatakan pembentukan komunitas ini berharap kepemimpinan Jokowi bisa berlanjut.

"Di media sosial, ada tv, online, cetak mungkin kita akan live streaming. Kita bikin tv blusukan misalnya. Itu akan terus kita lakukan agar untuk mendukung Jokowi bisa tersebar ke seluruh masyarakat," kata Teguh terpisah.

Meski demikian, Teguh menyadari belum tentu semua alumni UGM bakal mendukung Jokowi. Menurutnya, setiap orang bebas menentukan pilihannya.

"Ini demokrasi. Anda punya pilihan sendiri bagaimana mengekspresikan pilihan Anda, ya tergantung Anda sendiri," katanya.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang hadir dalam acara deklarasi mengatakan dukungan ini merupakan bagian penting karena UGM merupakan kampus kerakyatan dan memiliki alumni yang besar.

Deklarasi ini lanjutnya juga menandakan kepemimpinan Jokowi yang merangkul semua elemen dan mengakar kuat di masyarakat.

"Dengan demikian dukungan dari para alumni UGM di dalam Bulaksumur untuk kemenangan pak Jokowi itu, merupakan hal yang sangat positif dalam kemenangan pak Jokowi untuk rakyat," ujar Hasto.

Dalam acara ini, sejumlah tokoh hadir di antaranya Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Sidarto Danusubroto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Partai Golkar Nusron Wahid.

Jokowi diketahui merupakan alumni UGM. Dia masuk UGM pada 1980 dan mengambil Jurusan Teknologi Kayu, Fakultas Kehutanan. Ia lulus dari almamaternya pada 1986. (ayp/ayp)