TKD Tangerang Targetkan 70 Persen Suara bagi Jokowi-Ma'ruf

CNN Indonesia | Sabtu, 05/01/2019 00:57 WIB
TKD Tangerang Targetkan 70 Persen Suara bagi Jokowi-Ma'ruf Ilustrasi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin Kota Tangerang, Bambang Suwondo mengaku telah menargetkan kemenangan bagi Jokowi-Ma'ruf Amin sebesar 1,4 juta suara atau 70 persen di Pilpres 2019 di kota tersebut.

Hal itu untuk merespons pasangan Jokowi-Jusuf Kalla yang pernah kalah dari pasangan Prabowo-Hatta Rajasa di kota berjuluk '1000 Industri' itu pada Pilpres 2014.

"Maka dari itu kita bersama bantu kiai [Ma'ruf] karena beliau putera daerah Banten, jadi harus menang 70 persen target kita atau sekitar 1.400.000 suara," kata Bambang saat ditemui di kediaman Ma'ruf Amin, Menteng, Jakarta, Jumat (4/1).


Hasil rekapitulasi KPUD Kota Tangerang pada Pilpres 2014 lalu menunjukkan Prabowo-Hatta meraup 500.587 suara, sedangkan pasangan Jokowi-JK hanya memperoleh 425.345 suara.


Guna mencapai target, Bambang mengaku tengah menyusun berbagai strategi untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf. Salah satunya, membidik para tokoh agama, ibu-ibu maupun tokoh masyarakat setempat.

"Dan di sana kaum migran itu banyak dari orang Jawa. Kebetulan sudah ada 47 paguyuban se-Jawa siap menangkan Jokowi-Ma'ruf," kata dia.

Bambang juga mengatakan hasil survei internal menunjukkan bahwa elektabilitas Jokowi-Ma'ruf telah mengalami kenaikan di Banten dibandingkan pasangan lawan.


Melihat hal itu, ia mengatakan pihaknya akan turun langsung dan bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat setempat dalam waktu dekat.

"Naik [elektabilitasnya], Kalau di [Tangerang] kota selisih dikit, kalau di Banten naik," kata dia. 

"Pokoknya kita dalam waktu dekat udah siap sowan ke kiai ajak seluruh muslim, warga Tangerang siap bantu putra daerah menangkan Jokowi-Ma'ruf," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ma'ruf Amin menyatakan dirinya akan memprioritaskan wilayah Tangerang Raya untuk berkampanye.

Sebab, kata dia, wilayah Tangerang Raya memiliki jumlah penduduk yang besar dan sangat signifikan bagi kemenangan di Pilpres.


"Tangerang Raya karena jumlah besar dan signifikan. Tangerang Raya wajib menang, karena itu saya akan tentu prioritaskan bukan sekali tapi berkali-kali datang ke Tangerang," ujar dia.

Lebih lanjut, Mantan Rais Aam PBNU itu berencana bakal mengumpulkan seluruh tokoh dan masyarakat dalam satu tempat agar bisa efektif menjangkau hingga ke bawah secara luas.

"Tim Ma'ruf Amin udah turun gunung, tinggal saya jalan ke Tangerang, tim udah jalan, lalu di kabupaten mungkin saya tanggal 18, lalu turun di Tangsel tanggal 13 saya turun. Yang kota lagi direncanakan," kata Ma'ruf. (rzr/end)