Fadli Zon Anggap Jokowi Amatir soal 'Hitung Jalan Sendiri'

CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 21:09 WIB
Fadli Zon Anggap Jokowi Amatir soal 'Hitung Jalan Sendiri' Waketum Gerindra Fadli Zon. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menilai ucapan Jokowi yang mempersilakan pihak yang menyangsikan pembangunan jalan desa dengan total mencapai 191 ribu kilometer, untuk menghitungnya sendiri merupakan pernyataan yang amatiran.

Menurutnya, Indonesia dengan penduduk yang mencapai dua ratus juta jiwa tak bisa dipimpin oleh presiden yang asal-asalan dalam mengucapkan validitas data.

"Saya kira presiden macam apa kayak gitu? Jadi kayak main-main dan amatiran, Indonesia dengan 265 juta pendudukan enggak bisa dipimpin oleh presiden yang asal dan amatiran," kata Fadli saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (21/2).
Lebih lanjut, Politikus Partai Gerindra itu menilai seharusnya Jokowi tak mengucapkan hal yang bersifat menduga-duga soal data sebagai seorang presiden.


Ia berpendapat seharusnya Jokowi dapat menjelaskan dengan baik berdasarkan data-data akurat yang dimilikinya kepada masyarakat agar tak muncul kegaduhan.

"Itu adalah cara berpikir seenaknya, hanya Pak Jokowi, harusnya bisa menjelaskan begini lho hitungannya, begini cara hitungnya, bukan disuruh berhitung sendiri," kata dia.

Lebih lanjut, Politikus Partai Gerindra itu menilai pernyataan itu tak pantas untuk keluar dari mulut seorang presiden.

Ia menyatakan Jokowi membuat pernyataan yang ngawur karena tak mengambil data yang akurat soal panjang ukuran jalan tersebut.

"Itu pernyataan yang ngasal dan ngawur. Kalau orang dibolehkan untuk berbohong, atau mengambil data yang tidak akurat, saya kira rusak negeri ini. Karena bisa seenaknya," kata dia.
Jokowi sebelumnya kembali mengklaim pembangunan jalan desa telah mencapai 191 ribu kilometer (km) terhitung hingga akhir tahun 2018. Pembangunan jalan tersebut dilakukan di 74.900 desa yang ada di seluruh Indonesia dengan menggunakan dana desa.

Jokowi mempersilakan pihak yang menyangsikan pembangunan jalan desa dengan total mencapai 191 ribu kilometer, untuk menghitungnya sendiri.

"Silakan hitung sendiri. Wong, satu desa ngerjain 600 meter, pendek banget," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019, di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (20/2).
[Gambas:Video CNN] (rzr/ugo)