Sekjen Golkar Sebut Ada 4 Kandidat Ketum

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 23:31 WIB
Sekjen Golkar Sebut Ada 4 Kandidat Ketum Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan bahwa kandidat ketua umum (ketum) Partai Golkar periode 2019-2024 hingga saat ini berjumlah empat orang. Mereka adalah Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo, Ridwan Hisjam, dan Indra Bambang Utoyo.

"Ada empat calon ya, Airlangga, Bamsoet, Ridwan Hisyam, dan Indra Bambang Utoyo," kata Lodewijk kepada wartawan di sela-sela Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (14/11).


Menurutnya, jumlah kandidat tersebut masih mungkin bertambah di hari mendatang setelah panitia Musyawarah Nasional (Munas) membuka pendaftaran calon ketum Golkar periode 2019-2024.


"Mungkin saja (ada calon lain), setelah tata tertib diserahkan dan dibentuk panitia baru kami buka pendaftaran. Kita lihat apa ada calon-calon kejutan, atau sering kita dengar kuda hitam yang akan maju dari kaum milenial," katanya.

Namun demikian, dia menerangkan, pihaknya telah meminta kepada empat kandidat yang ada saat ini untuk melakukan lobi-lobi politik terlebih dahulu. Pihaknya berharap, lobi-lobi tersebut dapat melahirkan kesepakatan sehingga pemilihan ketum Golkar periode mendatang dapat dilangsunhkan dengan sistem musyawarah mufakat.

"Keempat ini yang perlu kita imbau ke mereka melaksanakan lobi politik. Diharapkan didapat suatu kesepakatan sehingga mereka benar-benar dapat musyawarah dan bermufakat untuk nanti menunjuk siapa yang jadi pimpinan Partai Golkar 2019-2024," tuturnya.


Ridwan dan Indra menjadi nama baru dalam bursa kandidat calon ketum Golkar. Selama ini, hanya Airlangga dan Bamsoet yang telah menyampaikan keinginan maju menjadi calon ketum Golkar periode 2019-2024.

Persaingan antara Airlangga dan Bamsoet sempat mereda sebelum dan setelah pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024 di mana Bamsoet terpilih untuk menduduki kursi ketua.

Namun, persainagn antara keduanya kembali memanas setelah loyalis Bamsoet Junaedi Elvis menyatakan bahwa Bamsoet akan tetap maju sebagai calon ketum Partai Golkar periode 2019-2024 pada akhir Oktober lalu. (mts/ayp)