Indonesia Terus Lobi Saudi Supaya WNI Tetap Bisa Umrah

nad, CNN Indonesia | Senin, 02/03/2020 15:55 WIB
Pemerintah Indonesia masih bernegosiasi dengan Arab Saudi supaya WNI tetap diperbolehkan melaksanakan umrah. Ilustrasi. Pemerintah Indonesia masih bernegosiasi dengan Arab Saudi supaya WNI tetap diperbolehkan melaksanakan umrah. (CNN Indonesia/Farid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Indonesia terus bernegosiasi dengan Kerajaan Arab Saudi supaya warga Indonesia tetap diperbolehkan melaksanakan umrah.

Lobi tersebut dilakukan terkait dengan penghentian pemberian visa umrah dari Saudi bagi beberapa negara, termasuk Indonesia.


Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin usai memberikan sambutan dalam acara di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (29/2).


"Kita terus bernegosiasi supaya Indonesia diberikan (izin umrah) karena Indonesia tidak termasuk negara yang terjangkit (virus corona)," ujarnya.

Ma'ruf berharap negosiasi yang sedang berlangsung bisa membuat pemerintah Saudi kembali memberi izin kepada warga negara Indonesia yang akan melaksanakan ibadah umrah dalam beberapa hari mendatang.

[Gambas:Video CNN]

"Saya harap (pemberhentian visa umrah) ini sementara dan tidak lama. Mudah-mudahan beberapa hari yang akan datang akan dibuka kembali," lanjutnya.

Arab Saudi memutuskan untuk menghentikan penerbitan visa umrah sementara waktu bagi beberapa negara sejak Rabu (26/2) lalu.

Kebijakan tersebut dikeluarkan demi mengantisipasi penyebaran wabah virus corona yang sampai hari ini sudah membunuh 2.924 orang. Kedutaan Besar Indonesia di Riyadh pun sudah mengonfirmasi hal ini.


"Ya, betul (WNI juga tidak bisa melaksanakan umrah sementara)," ucap Duta Besar Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com. (ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK