Daerah dengan Kapasitas Tempat Tidur Covid-19 Lebih 70 Persen

CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2021 16:38 WIB
Keterisian tempat tidur di ruang isolasi dan ICU perawatan pasien Covid-19 setidaknya di 6 daerah nyaris penuh di atas ambang batas Bed Occupancy Rate WHO. Petugas beristirahat di tempat isolasi pasien OTG Covid-19 di Graha Wisata Ragunan, Jakarta, Sabtu (26/12/2020). (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia --

Daya tampung fasilitas pelayanan kesehatan di sejumlah daerah terkait penanganan pasien infeksi virus corona (Covid-19) mengalami krisis.

Salah satu kondisi itu ditunjukkan dengan tingkat keterisian tempat tidur di ruang isolasi maupun ICU pasien Covid-19 yang melebihi 70 persen. Padahal, ambang batas Bed Occupancy Rate (BOR) atau rasio keterisian tempat tidur menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di angka 60 persen.

Hasil rangkuman sementara CNNIndonesia.com terdapat beberapa daerah yang tercatat melebihi standar BOR WHO di antaranya DKI Jakarta, Kota Depok, Kota Kupang, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta.


DKI Jakarta

Data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) mendapati keterisian tempat tidur (BOR) Instalasi Gawat Darurat (IGD) di sejumlah rumah sakit rujukan dan non-rujukan pasien Covid-19 di DKI Jakarta sudah penuh sejak awal tahun.

Impaknya, sebagian pasien dipulangkan dan masuk daftar antrean sembari menunggu ruang perawatan kosong.

"Kalau kita lihat data di setiap RS di Jakarta, hampir dikatakan di IGD sudah sangat crowded," kata Sekretaris Jenderal Lia Gardenia Partakusuma dikutip dari siaran CNNIndonesia TV, Jumat (8/1).

Jakarta yang dikenal sebagai pusat aktivitas dan pemerintah dengan fasilitas penanganan Covid-19 yang cenderung lebih baik dibandingkan daerah lain pun disebut kewalahan.

Bahkan, belakangan Pemprov DKI Jakarta memprediksi per Februari 2021 seluruh ruang Intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit (RS) rujukan pasien Covid-19 tak mampu lagi menampung pasien.

"Bila tidak dilakukan intervensi, maka di Februari itu kami untuk ICU sudah penuh," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI, Weningtyas Purnomorini pada Rabu (7/1).

Dia melanjutkan, per 3 Januari 2021 saja, tempat tidur ICU di seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta terisi 79 persen, sementara tempat tidur isolasi harian (non-ICU) terpakai sebanyak 87 persen.

Infografis Laju Perkembangan COvid-19 di IndonesiaInfografis Laju Perkembangan Covid-19 di Indonesia. (CNN Indonesia/Fajrian)

Kota Depok

Bukan hanya Ibu Kota, kapasitas tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) pasien Covid-19 di Kota Depok, Jawa Barat pun nyaris penuh. Data Pemerintah Kota Depok mencatat tempat tidur di ruang ICU terisi 90,32 persen dan di ruang isolasi terpakai 85 persen.

"Langkah yang sedang kami ikhtiarkan adalah menambah tempat tidur isolasi dan ICU di rumah sakit-rumah sakit," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dikutip dari Antara, Jumat (8/1).

Pemkot Depok sendiri berjanji bakal menambah kapasitas tempat tidur di RS dan lokasi khusus isolasi mandiri untuk menampung jumlah pasien Covid-19 yang kian bertambah.

[Gambas:Video CNN]

RS Penuh Bukan Hanya di Pulau Jawa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK