Formula 1

Alonso Tinggalkan Ferrari Ujar Montezemolo

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 16/10/2014 08:57 WIB
Alonso Tinggalkan Ferrari Ujar Montezemolo Fernando Alonso belum mengumumkan rencananya untuk musim depan, sementara mantan presiden Ferrari, Luca di Montezemolo, berkata ia akan meninggalkan Ferrari pada akhir musim. (Reuters/Edgar Su)
London, CNN Indonesia -- Mantan presiden Ferrari, Luca di Montezemolo, berkata pada Rabu (15/10) bahwa Fernando Alonso aken meninggalkan tim Kuda Jingkrak tersebut pada akhir musim karena menginginkan lingkungan baru, juga karena ingin kembali menang.

Kabar kepergian Alonso belum dikonfirmasi Ferrari. Berita nasib pembalap Spanyol itu juga pada akhir-akhir ini tertutup oleh kabar tentang juara dunia empat kali, Sebastian Vettel, yang resmi meninggalkan Red Bull.

Vettel belum mengumumkan tim yang akan ia bela musim depan, meski demikian pemimpin Red Bull, Christian Horner, telah menyatakan bahwa pembalap Jerman itu akan pindah ke Maranello.


"Fernando pergi karena dua alasan," kata Montezemolo pada stasiun televisi Italia, RAI.

"Pertama adalah karena ia ingin mencoba lingkungan baru, yang kedua adalah karena ia harus kembali menang mengingat usianya."

"Ia sangat kecewa belum pernah menang pada tahun-tahun ke belakang, dan ia membutuhkan rangsangan baru."

Pembalap berusia 33 tahun itu diprediksi akan kembali ke tim lamanya, McLaren. Pada 2007, Alonso pernah membela pabrikan Inggris itu satu musim, dengan Lewis Hamilton sebagai rekan satu tim.

Pada Grand Prix Rusia pekan lalu, ALonso berkata bahwa pilihannya baru akan diketahui publik saat diumumkan, dan kecil kemungkinan ia akan mengendarai mobil dengan mesin Mercedes.

Ia juga menambahkan bahwa ia tidak menanggung resiko besar jika tidak bertanding sama sekali musim depan.

Pada Senin (13/10) lalu, Montezemolo resmi meninggalkan Ferrari dan menyerahkan tampuk kepemimpinan pada pemimpin perusahaan induk Ferrari, FIAT, Sergio Marchionne.

Musim ini, pertama kalinya sejak 1993, Ferrari belum memenangkan satu balapan pun pada satu tahun kompetisi. Kini bentukan Enzo Ferrari duduk di peringkat empat klasemen sementara.