MICHAEL SCHUMACHER

Penyembuhan Schumi Butuh Waktu Tahunan

Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 24/10/2014 09:08 WIB
Penyembuhan Schumi Butuh Waktu Tahunan Michael Schumacher mengalami kecelakaan ski pada Desember 2013. Setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Grenobel, ia kin dirawat di rumahnya sendiri di Swiss. (Reuters/Caren Firouz)
Paris, CNN Indonesia -- Dokter yang menangani Michael Schumacher setelah pembalap itu mengalami kecelakaan ketika bermain ski berkata bahwa juara dunia Formula 1 tujuh kali itu membuat kemajuan, namun penyembuhannya membutuhkan waktu bertahun-tahun.

"Dari hasil observasi, saya menemukan beberapa kemajuan. Namun, menurut saya, ia membutuhkan waktu," ujar Jean-Francois Payen kepada stasiun radio RTL pada Kamis (23/10).

"Hal ini juga berlaku untuk pasien yang lain. Jangkauan waktunya dari satu hingga tiga tahun, sehingga kami harus bersabar."


Pembalap berusia 45 tahun itu menderita cedera kepala ketika sedang bermain ski di Meribel di pegunungan Alps, Perancis, pada Desember 2013.

Kepalanya terbentur batu cukup keras hingga harus menjalani perawatan lebih dari tujuh bulan lamanya. Perawatan itu difokuskan pada pembengkakan yang terjadi di bagian otak.

Semula dirawat di Rumah Sakit Grenobel, Schumacher lalu dipindahkan ke rumah sakit di Lausanne dan diperbolehkan pulang ke rumah pada bulan lalu untuk melanjutkan rehabilitasi di rumabya di kota Gland, Swiss.

Payen berkata bahwa ia terus menangani mantan pembalap Ferrari dan Mercedes tersebut di Swiss, namun ia tak mau memberikan keterangan lebih rinci, selain menyatakan bahwa Schumacher tidak berada dalam kondisi koma dan juga tidak lumpuh total.

"Kondisinya baik. Istrinya memiliki penasehat-penasehat yang baik dan telah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk kesembuhan Schumacher.

Payen berkata bahwa istri Schumacher, Corinna, menunjukkan kekuatan mental yang luar biasa dan mengerti hal-hal yang dibutuhkan untuk Schumacher.