Budi Sudarsono Gembira Timnas Indonesia Diisi Pemain Muda

M. Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 17/11/2016 18:15 WIB
Budi Sudarsono Gembira Timnas Indonesia Diisi Pemain Muda Budi Sudarsono berharap tekanan pada timnas Indonesia di Piala AFF kali ini tidak terlalu besar. ( ANTARA FOTO/Lucky R)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan penyerang timnas Indonesia, Budi Sudarsono, menaruh harapan besar kepada barisan para pemain muda timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2016.

Budi menilai kualitas timnas Indoensia saat ini cukup bagus lantaran banyak pemain baru di dalamnya. Namun Budi berharap publik tak terlalu menggantungkan beban besar pada timnas asuhan Alfred Riedl tersebut.

Faktor persiapan yang minim pasca sanksi dari Kemenpora dan FIFA dicabut beberapa waktu lalu jadi salah satu hal yang bakal memberatkan langkah 'Skuat Merah-Putih'.


"Para pemain muda Indonesia saat ini memang bagus untuk perkembangan timnas Indonesia di masa depan. Saat ini jangan terlalu muluk pasang target juara, yang penting susun fondasi pemain baru dengan baik. Dengan begitu, 1-2 tahun mendatang kita bisa beharap kepada mereka."

"Riedl memilih pemainnya dengan baik. Akan tetapi jangan berharap terlalu tinggi untuk saat ini," kata Budi kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon.

Budi menilai peluang Indonesia menghadapi Singapura, Filipina, dan Thailand di Grup A dalam turnamen terbesar se-Asia Tenggara tersebut sesungguhnya cukup terbuka.

"Dalam sepak bola tidak ada yang tidak mungkin, pasti Indonesia bisa. Namun supaya mereka tidak tertekan, tidak perlu berharap banyak. Yang penting adalah jam terbang bagi para pemain muda," ucap Budi. (ptr)