Jelang Piala AFF 2016

Kepergian Timnas Indonesia Tak Diiringi Banyak Suporter

M. Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 17/11/2016 14:51 WIB
Kepergian Timnas Indonesia Tak Diiringi Banyak Suporter Zulham Zamrun saat menginjakkan kaki di Bandara Soekarno-Hatta. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepergian tim nasional Indonesia ke ajang Piala AFF 2016 di Manila, Filipina tak diiringi banyak suporter, Kamis (17/11).

Tepat pukul 10.30 WIB, pelatih timnas Alfred Riedl menuntun pasukannya memasuki bus di Hotel Aryaduta Karawaci untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta. Pasukan Merah Putih tiba di bandara pukul 11.49 WIB dan langsung melakukan proses check-in.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, kondisi bandara saat itu cukup ramai. Namun tidak banyak masyarakat yang antusias menyaksikan kedatangan para atlet yang akan berlaga di Piala AFF 2016.


"Wah lihat itu Zulham Zamrun," kata salah seorang petugas kebersihan bandara.

Namun, secara umum publik yang ada di bandara lebih sibuk dengan kegiatan pribadi mereka masing-masing.

Dengan gaya rambut pirang, Zulham memang cukup mencolok. Wajahnya santai ketika turun dari bus. Sambil mengenakan headset, ia coba tampil tenang jelang keberangkatan ke Filipina.

Sebagian besar pemain timnas menggunakan kaos berkerah warna hijau dan celana olahraga abu-abu. Namun hanya satu pemain yang mengenakan jaket yaitu Evan Dimas.

Evan sebelumnya diketahui sempat sakit flu. Akan tetapi, asisten pelatih timnas Wolfgang Pikal mengabarkan kondisinya sudah lebih baik.

"Kemarin Evan juga sudah sempat latihan bersama tim," ucap Pikal.

Meski sebagian besar pemain menunjukkan raut muka tegang, namun ada hasrat besar dalam diri para pemain lantaran ini adalah turnamen resmi pertama setelah Indonesia bebas dari sanksi FIFA.

"Target pribadi bermain sebaik mungkin, saya harus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Saya mohon doa restunya," ujar bek timnas Indonesia, Benny Wahyudi.

Sementara itu Andik Vermansah yakin Indonesia dapat tampil baik meski tanpa Irfan Bachdim yang sedang cedera tulang fibula. Irfan harus menepi selama dua bulan usai cedera tiga hari jelang keberangkatan.

"Mau bagaimana lagi, ini sudah takdir Tuhan. Tapi kami akan tetap bermain mati-matian," ucap Andik.

Timnas Indonesia dijadwalkan tiba di Manila, Filipina, Kamis (17/11) malam waktu setempat. Sebanyak 22 pemain hari ini berangkat ke Filipina, sementara Muchlis Hadi dikabarkan akan menyusul dan bertemu di Manila.

Thailand bakal menjadi lawan pertama tim Merah-Putih dalam turnamen terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Thailand dan Indonesia berada dalam satu Grup A bersama dengan Singapura dan Filipina. (ptr)