Rosberg Emoh Khianati Lewis Hamilton

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Selasa, 07/02/2017 12:42 WIB
Rosberg Emoh Khianati Lewis Hamilton Nico Rosberg menyatakan dirinya tidak akan membocorkan rahasia Lewis Hamilton. (Reuters/Mike Stone)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara dunia Formula 1 2016, Nico Rosberg, menegaskan dirinya tidak akan memberi tips apapun kepada Valtteri Bottas soal cara mengalahkan Lewis Hamilton. Akan tetapi, Rosberg masih bersedia berdiskusi dengan Bottas soal cara menjinakkan Mercedes.

Bottas adalah pebalap yang akan mendampingi Hamilton di tim Mercedes setelah Rosberg menyatakan pensiun hanya lima hari setelah mengamankan gelar juara pertama dalam kariernya.

Rosberg mengungkapkan, Bottas menghubunginya untuk meminta saran.


"Ya, Valtteri meminta untuk berbincang dengan saya," kata Rosberg, seperti dikutip dari ESPN F1. "Saya senang untuk melakukannya, tapi saya tidak akan memberikan tips atau membocorkan rahasia Lewis, meski saya mengenalnya dengan baik. Saya akan tetap netral."
Valtteri Bottas dipilih menggantikan Nico Rosberg karena memiliki banyak pengalaman di F1.  Valtteri Bottas dipilih menggantikan Nico Rosberg karena memiliki banyak pengalaman di F1. (Reuters/ Brandon Malone)

Seusai pensiun, Rosberg sendiri masih tetap akan berdekatan dengan dunia balapan. Ia berjanji akan sering datang ke lintasan balap untuk menyaksikan ajang balap jet darat tersebut.

Rosberg meyakini Mercedes akan tetap jadi kekuatan dominan di dunia F1 meski ada serangkaian perubahan peraturan mesin di musim ini.

"Saya tentu akan mengikuti perkembangannya dan juga menantikan saatnya melihat mobil baru, dan tentu saja akan datang ke lima atau enam balapan. Saya akan terus bekerja dengan sponsor," ujar Rosberg yang kini menjadi duta Mercedes tersebut.

"Sederhananya kami adalah tim terbaik dan juga punya peluang terbesar. Tapi Red Bull dan Ferrari tak boleh dipandang remeh. Saya masih jadi penggemar olahraga ini dan saya menantikan uji coba resmi pertama."

Rosberg juga membantah bahwa ia siap menjajal balapan Formula E dalam waktu dekat. Ia mengaku hanya tertarik dengan ajang yang baru berkembang dalam beberapa tahun ke belakang itu.

"Ajang itu sangat baru dan bergerak ke arah berbeda. Jadi sangat menarik untuk mengikuti perkembangannya," tutur Rosberg. (bac)