'Timnas Indonesia Miliki Barisan Kiper Terbaik'

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 21/02/2018 21:30 WIB
'Timnas Indonesia Miliki Barisan Kiper Terbaik' Mukti Ali Raja optimistis dengan stok kiper yang ada di Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Kiper Timnas Indonesia Mukti Ali Raja bicara soal kualitas kiper Timnas Indonesia saat ini. Menurutnya, kiper yang dipanggil timnas saat ini merupakan yang terbaik di Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia memanggil empat kiper untuk mengikuti pemusatan latihan tahap kedua jelang Asian Games 2018. Mereka adalah Satria Tama, Kartika Aji, Muhammad Ridho, dan Andritany Ardhiyasa.

Sedangkan posisi kiper di Timnas U-19 diperkuat M Aqil Savik, Rakasurya Handika, dan Gianluca Pagliuca Rossy.


"Kiper yang ada di (Timnas Indonesia) U-23 dan di U-19 saya pikir itu yang terbaik yang kita punya sat ini. Kalau untuk di U-23, mereka yang terbaik di kelompoknya. Kalau di U-19, itu kiper masa depan kita nantinya," kata Mukti Ali yang kini menjabat pelatih kiper Timnas Indonesia U-19, Rabu (21/2).

Satria Tama, salah satu kiper muda potensial di Timnas Indonesia U-23.Satria Tama, salah satu kiper muda potensial di Timnas Indonesia U-23. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Lebih lanjut, mantan kiper Persita Tangerang itu enggan membeberkan penilaiannya terhadap kualitas kiper timnas secara detail. Ia mengaku, ia datang di saat semua sudah terbentuk.

"Saya belajar dulu menyesuaikan dengan program Coach Edu (Eduardo Perez, pelatih kiper Timnas Indonesia U-23). Yang pasti yang ada sekarang ini adalah stok kiper kita yang terbaik," tuturnya.

Menurut Mukti Ali, tidak sulit mencari stok kiper muda di Indonesia. Namun saat ini ia mengaku akan lebih dulu mengikuti komposisi yang telah dibangun di Timnas Indonesia U-19 sebelumnya.

"Nanti, ketika itu ada masalah dan mau tidak mau kita ambil dari beberapa daerah. Daerahnya mana, saya pikir kurang bagus kalau dibicarakan. Saya pikir kita sudah punya tiga (kiper) dan cukup aman." (jun/bac)