Alasan Timnas Indonesia Jajal Barito Putera Ketimbang Persija

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 21/02/2018 17:28 WIB
Alasan Timnas Indonesia Jajal Barito Putera Ketimbang Persija Timnas Indonesia U-23 dan U-19 akan melakukan uji coba lawan Barito Putera. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-23 dan U-19 direncanakan melakukan uji coba klub Barito Putera di Lapangan ABC pada akhir pemusatan latihan. Skuat Garuda sebenarnya sempat merencanakan uji coba melawan klub ibu kota, Persija Jakarta, namun akhirnya memilih lawan klub dari Kalimantan Selatan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 dan U-19 sudah menjalani pemusatan latihan sejak 18 Februari di Lapangan ABC, Senayan. Setiap hari mereka menjalani dua sesi latihan yakni pada pagi dan sore, selama kurang lebih dua jam.

"Rencananya akan uji coba U-19 dengan Barito di akhir periode TC [training camp atau pemusatan latihan] pada 24 Februari, mungkin U-23 juga akan demikian. TC U-23 dan U-19 berakhir pada 25 Februari," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, Rabu (21/2) siang.
Timnas Indonesia memastikan rencana uji coba lawan Barito Putera. (Timnas Indonesia memastikan rencana uji coba lawan Barito Putera. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Lebih lanjut, Tisha mengatakan pertandingan Timnas Indonesia U-23 dan U-19 lawan Barito menjadi bagian dari laga uji coba. Ia pun menjelaskan alasan Timnas Indonesia U-23 dan U-19 tidak bertanding lawan ibu kota, Persija.


"Saat ini kendalanya adalah lapangan sehingga batal lawan Persija. Karena apabila dibuka di Lapangan ABC, kendalanya keamanan dan juga izin. Stadion juga tidak memungkinkan," katanya menambahkan.

Di lain sisi, lanjut Tisha, Timnas Indonesia U-16 juga akan menjalani pemusatan latihan pada 19 Februari. Mereka, lanjutnya, akan terus menjalani pemusatan latihan sampai Turnamen Jenesys di Jepang pada 6 Maret.

Sementara untuk Timnas Indonesia senior, PSSI menjadwalkan sebuah laga dalam FIFA Match Day pada 21 Maret dan 25 Maret.

"Yang pertama kami akan bertandang ke Singapura karena ini juga dalam rangka peringatan hubungan diplomatik Indonesia dengan Singapura yang ke-50. Di lain sisi, kami belum konfirmasi mengenai terbang ke Filipina setelah tanggal 21 Maret untuk melawan Timnas Filipina. Masih negosiasi," ucap Tisha.

"Konsepnya kandang dan tandang. Kali ini kami tandang, nanti September akan kandang rencananya," ucapnya melanjutkan. (bac)