Ferguson Sisakan Sesal Meski MU Juara Liga Champions 2008

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 13:10 WIB
Ferguson Sisakan Sesal Meski MU Juara Liga Champions 2008 Sir Alex Ferguson punya penyesalan di final Liga Champions musim 2007/2008. ( AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengaku punya satu penyesalan besar saat The Red Devils juara Liga Champions musim 2007/2008.

Pria asal Skotlandia itu menyesali keputusannya tidak memasukkan Park dalam skuat di final melawan Chelsea di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia. Keputusan itu masih mengganggu benak Ferguson sampai sekarang.

"Masalah saya di final, mungkin saya masih menyesalinya hingga hari ini ketika benar-benar meninggalkannya di final," ujarnya.


Menurut Daily Mail, Ferguson mengaku meski segalanya berjalan sesuai rencana saat pertandingan, ia sempat pusing dalam memilih komposisi pemain. Pada akhirnya, ia memilih untuk menepikan Park.

Ferguson Simpan Penyesalan Saat MU Juara Liga Champions 2008Park Ji-Sung memberikan kontribusi besar saat memperkuat Manchester United. (AFP PHOTO/ANDREW YATES)
"Memenangi Liga Champions luar biasa. Mereka adalah sekelompok pemain yang hebat dengan sikap yang luar biasa, tim yang kuat. Namun saya benar-benar menepikan Park," ucapnya.

"Dia memainkan peran yang sangat besar dan itu masalahnya ketika Anda mencapai final. Tidak ada satu pun pemain yang pantas ditepikan."

Di laga kontra Chelsea, Ferguson memilih menurunkan Owen Hargreaves di posisi sayap kanan. Posisi tersebut biasanya ditempati oleh Park yang di musim itu jadi salah satu pilar penting di lini tengah Man United.

Ferguson Simpan Penyesalan Saat MU Juara Liga Champions 2008
Man United keluar sebagai juara di final pertama yang mempertemukan sesama tim asal Inggris. The Red Devils mengalahkan Chelsea lewat adu penalti 6-5.

Di laga tersebut, Man United unggul lebih dulu 1-0 berkat gol dari Cristiano Ronaldo. Namun The Blues bisa menyamakan skor 1-1 melalui gol Frank Lampard.

Kemenangan yang diraih atas Chelsea membuat Man United meraih gelar ketiga di Liga Champions. Gelar kompetisi paling elite Eropa itu melengkapi torehan 38 gelar Ferguson selama 26 tahun menukangi tim yang bermarkas di Old Trafford. (jal)