Rahasia Rossi Awet Muda di MotoGP

CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 14:49 WIB
Rahasia Rossi Awet Muda di MotoGP Valentino Rossi punya gairah besar untuk terus balapan di MotoGP. (Tiziana FABI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pebalap MotoGP, John Hopkins, menyebut ada dua faktor kunci yang membuat Valentino Rossi bisa terlihat awet muda di dunia MotoGP.

Hopkins saat ini berusia 36 tahun, lebih muda empat tahun dari The Doctor. Namun Hopkins sudah angkat kaki dari dari dunia MotoGP pada 2011 dan terakhir kali tampil di British Superbike Championship pada 2017.

Sementara itu, Rossi masih terus membalap di MotoGP hingga usianya saat ini menginjak 40 tahun. Bagi Hopkins, ada dua faktor kuat yang membuat Rossi bisa terlihat awet muda.


Hal pertama adalah faktor kebugaran Rossi. The Doctor tidak pernah mengalami cedera serius sepanjang kariernya.
[Gambas:Video CNN]
"Dia tidak pernah menderita cedera serius sepanjang kariernya dan hal ini membuat ia bisa tampil bagus dari segi fisik, meskipun ia saat ini sudah berusia 40 tahun."
Valentino Rossi masih tampil di MotoGP meski usianya saat ini sudah 40 tahun.Valentino Rossi masih tampil di MotoGP meski usianya saat ini sudah 40 tahun. (AP Photo/Kerstin Joensson)
"Rossi juga berkompetisi secara rutin dengan pebalap-pebalap yang lebih muda di ranch miliknya. Hal ini yang membuat Rossi dari segi mental terlihat muda," kata Hopkins seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Satu hal lain yang lebih penting di balik keberhasilan Rossi tetap mampu tampil kompetitif adalah hasrat yang ada dalam diri Rossi.

Rahasia Rossi Awet Muda di MotoGP

"Saya tidak pernah melihat pebalap lain yang memiliki gairah sebesar miliknya. Hal itu yang juga membuatnya bisa tetap berada di depan pada usianya saat ini."

"Saat ini ia hanya butuh untuk mengembalikan kepercayaan diri di atas motor dan dia akan bisa kembali ke atas [memenangi seri MotoGP]," tutur Hopkins. (ptr/nva)