Negosiasi Gaji di Timnas, Tae-yong Akui Diminati Klub China

CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 18:11 WIB
Negosiasi Gaji di Timnas, Tae-yong Akui Diminati Klub China Shin Tae-yong masih negosiasi gaji dengan Timnas Indonesia. (PASCAL GUYOT / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Media Korea Selatan, Sports Donga, mengklaim Shin Tae-yong saat ini masih negosiasi soal gaji dengan Timnas Indonesia.

Media itu juga melansir pernyataan Tae-yong yang diminati klub China, Shenzhen FC, untuk melatih di klub tersebut. Shenzhen sendiri terdegradasi dari Liga Super China dan akan tampil di Divisi Dua Liga China musim depan.

"Kami belum membuat keputusan akhir. Saya sedang bernegosiasi dengan Indonesia [PSSI] dan ketertarikan klub China juga benar."


"Satu hal yang jelas sejauh ini adalah saya akan kembali ke lapangan [melatih] mulai tahun depan," ujar Tae-yong kepada Sports Donga.

Shin Tae-yong saat menangani Timnas Korsel. (Shin Tae-yong saat menangani Timnas Korsel. (JUNG Yeon-Je / AFP)
Sebelumnya, Wakil Ketua PSSI Cucu Somantri mengatakan terus melakukan negosiasi dengan Tae-yong terkait masalah teknis.

"Sekarang kami sedang koordinasi teknis saja [bersama Shin Tae-yong]. Seperti kapan mulai [melatih], komposisi asisten pelatih, sistem pembayaran, kantor, dan lainnya. Sabar setelah deal baru akan diumumkan," jelas Cucu.

Jika mengacu kandidat yang ramai disebut, ada dua pilihan lain yakni Luis Milla dan Stefano Cugurra Teco. Namun, baru Tae-yong dan Milla yang telah melakukan presentasi di depan petinggi PSSI.

[Gambas:Video CNN]
Tae-yong bukan pelatih sembarangan di Korea Selatan. Dia pernah menangani Timnas Korsel saat tampil di Piala Dunia 2018.

Namanya pernah menjadi sorotan setelah mampu membawa Son Heung-min dkk mengalahkan Jerman 2-0 pada babak Grup F Piala Dunia 2018. Namun, Korsel gagal lolos dari fase grup dan harus puas berada di peringkat ketiga grup.

Negosiasi Gaji di Timnas, Tae-yong Akui Diminati Klub China
Tae-yong kemudian tak lagi menangani Timnas Korsel usai Piala Dunia 2018. Posisinya masih menganggur karena belum ada tim nasional maupun klub yang berminat merekrutnya.

Tae-yong kemudian menghadiri undangan PSSI di Kuala Lumpur pada November lalu untuk presentasi program di Timnas Indonesia. (bac/jal)