Alisson, Pembelian Liverpool Rp946 Miliar yang Tak Sia-sia

CNN Indonesia | Senin, 20/01/2020 11:23 WIB
Alisson, Pembelian Liverpool Rp946 Miliar yang Tak Sia-sia Alisson Becker makin memperlihatkan peran penting di Liverpool. (AP Photo/Dave Thompson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Alisson Becker kembali memberi bukti Liverpool tidak salah memboyongnya dari AS Roma dengan harga mahal senilai 62,5 juta euro (Rp946 miliar) tahun 2018 lalu.

Bukti itu diperlihatkan Alisson usai jadi salah satu pahlawan kemenangan Liverpool atas Manchester United pada pekan ke-23 Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (19/1) malam waktu setempat.

Alisson memang tidak mencetak gol. Namun peran kiper asal Brasil sangat krusial untuk gol kedua yang dicetak Mohamed Salah pada masa injury time babak kedua.


Alisson Becker memberikan assist untuk gol Mohamed Salah saat menghadapi MU. (AP Photo/Hassan Ammar)
Alisson dengan cerdik mengirimkan umpan panjang setelah melihat Salah dalam posisi tidak terkawal. Umpan matang itu bisa dimaksimalkan Salah untuk menggenapkan kemenangan The Reds menjadi 2-0.

Assist yang diberikan pada Salah membuat Alisson jadi kiper Liverpool pertama yang melakukannya sejak Pepe Reina pada Maret 2010.

[Gambas:Video CNN]
Selain mengkreaksi satu gol, Alisson tampil bagus di bawah mistar. Kiper berusia 27 itu mengagalkan empat peluang tepat sasaran yang diciptakan pemain-pemain MU.

Keberhasilan Alisson mencatat cleansheet juga membuat gawang Liverpool tidak kebobolan dalam tujuh laga terakhir di Liga Inggris. Torehan ini jadi yang pertama sejak catatan serupa yang dibuat pada Desember 2006.

Alisson sendiri didatangkan Liverpool dengan transfer 62,5 juta euro (Rp946 miliar). Nilai transfer itu sempat membuat Alisson jadi kiper termahal dunia hingga Chelsea merekrut Kepa Arrizabalaga dengan transfer 80 juta euro.

Pembelian mahal itu terbukti tidak sia-sia karena Alisson berhasil memberikan rasa aman buat pemain belakang. Sebelum kedatangan Alisson, sektor kiper Liverpool tak pernah lepas dari masalah.

Dua kiper pendahulu Alisson, Simon Mignolet dan Loris Karius kerap membuat blunder yang merugikan tim. (jal/ptr)