LIPUTAN KHUSUS

Babak Belur MMA Dihajar Pandemi

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Kamis, 28/01/2021 13:35 WIB
Baik di luar maupun dalam negeri, ajang MMA harus berakrobat agar roda pertarungan terus bergerak dan dapur para petarung tetap ngebul di masa pandemi. Ajang MMA di Indonesia tetap berjalan di tengah pandemi dengan penyesuaian normal baru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Khabib Nurmagomedov vs Tony Ferguson resmi menjadi duel terkutuk di UFC setelah pertemuan kedua petarung yang dijadwalkan 18 April 2020 batal digelar karena pandemi Covid-19. Kali kelima duel gagal terlaksana.

Penyebaran virus corona jadi penyebab. UFC 249 kemudian diundur ke 9 Mei 2020 dengan Justin Gaethje menggantikan posisi Khabib untuk melawan Ferguson.

Di balik pembatalan ini, sikap keras kepala Dana White selaku Presiden UFC tetap menggelar pertarungan di tengah pandemi patut mendapat apresiasi. UFC berhasil membuktikan eksistensi MMA di saat mayoritas laga-laga olahraga kelas dunia lainnya terhenti.


Tentu bukan tanpa persiapan. Penyesuaian dan adaptasi menjadi kunci promotor asal Las Vegas itu bisa menyelenggarakan puluhan malam pertarungan pada 2020 di tengah pandemi.

"Kami menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang baru, ditambah pengujian Covid yang ketat, dan bubble untuk semua acara. Kami sangat bangga dengan pencapaian kami selama setahun terakhir dengan 34 ajang dan terus berlanjut. Penonton siaran kami meningkat secara signifikan pada 2020," ujar UFC Senior Vice President Asia-Pacific, Kevin Chang, kepada CNNIndonesia.com.

"Tentu saja ada biaya signifikan yang menyertai operasi ini dan penggemar yang tidak bisa menghadiri acara langsung sebagai penyesuaian," sambung Chang sembari menyitir pernyataan White soal kesehatan dan keselamatan dalam penyelenggaraan UFC.

Tes swab untuk orang-orang yang terlibat, isolasi, penyemprotan disinfektan di berbagai tempat seperti oktagon, hotel, serta tempat latihan, serta serangkaian protokol kesehatan lainnya menjadi keharusan.

Jan 23, 2021; Abu Dhabi, United Arab Emirates; Dustin Poirier punches Conor McGregor of Ireland in a lightweight fight during the UFC 257 event inside Etihad Arena on UFC Fight Island.  Mandatory Credit: Jeff Bottari/Handout Photo via USA TODAY SportsUFC mengadakan pertarungan di masa pandemi dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. (USA TODAY Sports/Jeff Bottari)

Hal lain yang tak kalah penting adalah melobi pihak-pihak yang berkepentingan memberikan izin.

Mengutip perkataan White, Chang menyebut UFC mengeluarkan jutaan dolar untuk memastikan acara berjalan dengan protokol kesehatan yang direstui pemerintah Las Vegas, Florida, dan Abu Dhabi. Di tiga lokasi itulah UFC menghelat pertarungan pada masa pandemi. 

"Kesimpulannya, UFC telah menetapkan standar penyelenggaraan acara di era pandemi," ucap Chang.

"Ada pertimbangan dan tantangan berbeda untuk setiap negara tempat kami menyelenggarakan acara, tetapi sebagai organisasi olahraga besar pertama yang berhasil melakukannya, kami percaya bisa mempertahankan bisnis ini apapun situasinya," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]

Indonesia Tiru Luar Negeri

Penyelenggaraan ajang MMA di level nasional pun terkendala pandemi Covid-19. Setelah menampilkan malam pertarungan ke-36 pada Februari 2020, One Pride baru kembali melaksanakan duel lagi enam bulan berselang.

Pihak promotor One Pride, PT Merah Putih Berkibar (PT MPB), mengaku kemunculan kembali event MMA paling populer di Indonesia ini pada masa pandemi tak lepas dari animo orang-orang yang hidup dari octagon.

Lihat juga laporan interaktif CNN Indonesia:
Kitab Laga MMA

Pertarungan yang tidak terselenggara memberi efek ekonomi pada petarung, pelatih, juga sasana tempat latihan atlet.

"Pada saat itu [setelah lebaran 2020] kami melihat banyak teriakan dari para praktisi MMA, para fighter. Kalau kita enggak bergerak, mungkin atlet-atletnya pada pensiun atau atlet-atlet kondisinya turun semua atau mungkin mereka kehilangan motivasi menjadi petarung," terang CEO PT MPB Fransino Tirta.

Berubah Jadi Acara Televisi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK