Kopi Darat Wikipedia

Wikipediawan Lakukan 'Wiki Berjamaah'

Gito Yudha Pratomo, CNN Indonesia | Minggu, 12/10/2014 16:37 WIB
Wikipediawan Lakukan 'Wiki Berjamaah' Wikipedia Indonesia menggelar pertemuan komunitas di Code Margonda, Depok, Ahad (12/10). Gito Yudha Pratomo/CNN Indonesia
Jakarta, CNN Indonesia -- Wikipedia Indonesia menggelar pertemuan komunitas di Code Margonda, Depok, Jawa Barat, Ahad (12/10).

Pertemuan komunitas berskala nasional ini digelar sebagai salah satu acara sosialisasi dari para wikipediawan kepada mahasiswa yang ingin ikut serta dalam proses penulisan dan penyuntingan wikipedia.

Ricky Setiawan, Direktur Proyek Wikipedia:Rintis mengatakan temu komunitas ini merupakan satu cara untuk berbagi pengalaman dalam mengelola wikipedia.


"Di sini kita saling sharing, kita jelaskan bagaimana cara membangun komunitas," ujar Ricky.

Pertemuan komunitas ini mulai dilakukan sejak tahun lalu, namun pertemuan yang dilakukan secara resmi baru dimulai pada awal tahun ini.

Acara ini dihadiri oleh sebanyak 30 peserta. Para wikipediawan ini nantinya akan melakukan "wiki berjamaah" yaitu menulis dan menyunting artikel yang kemudian di publikasi secara langsung di wikipedia bersama-sama.

Wikipedia adalah sebuah halaman yang bersifat user generated content, di mana setiap pengguna dapat mengakses dan mengedit konten di dalamnya asalkan telah melakukan registrasi.

Meskipun pengguna dapat mengedit secara leluasa, artikel yang ditulis dalam wikipedia tetap dicek dan dipantau oleh administrator untuk menjaga nilai ketepatannya.

"Jika ada yang tidak sesuai, kami bisa menghapus artikel atau blokir si penulis," kata Ricky menjelaskan.

Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal dan ikut berkontribusi dalam penyuntingan dan pembuatan konten wikipedia.