Transjakarta Gandeng GoJek Bikin Aplikasi Go Busway

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Senin, 22/06/2015 07:59 WIB
Transjakarta Gandeng GoJek Bikin Aplikasi Go Busway Gojek beredar di Jakarta. (CNN Indonesia/Reuters/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Transjakarta akan menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan jasa ojek berbasis aplikasi mobile, GoJek, untuk membuat aplikasi khusus bernama Go Busway sebelum hari raya Idul Fitri tiba pada pertengahan Juli mendatang.

Menurut keterangan Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih, Go Busway adalah sebuah aplikasi khusus yang nantinya akan berada dalam aplikasi GoJek. Dengan aplikasi tersebut, para pengguna Transjakarta dapat mengetahui letak bus di masing-masing koridor, dan waktu yang dibutuhkan untuk menunggu bus di koridor-koridor tersebut.

"Masyarakat bisa tahu sebelum masuk halte Transjakarta posisi bus yang sesuai kebutuhannya ada di mana, dan akan sampai lokasi terdekat dalam berapa lama," ujar Kosasih dalam keterangan tertulisnya kepada para wartawan, Senin (22/6).


"Aplikasi ini (Go Busway) juga bisa untuk menghubungkan penumpang jika mau memesan GoJek setelah turun dari bus. Jadi, (jika ingin memesan) GoJek sudah menunggu di JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) terdekat halte tujuan," kata Kosasih.

Aplikasi Go Busway yang akan terintegrasi dengan GoJek rencananya dibuat khusus untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS. Kosasih yakin, pembuatan aplikasi tersebut dapat mempermudah penumpang Transjakarta dalam menggunakan jasa angkutan tersebut kedepannya.

"Nantinya kami ingin aplikasi Go Busway juga bisa mengenali pengemudi yang mengemudikan bus kami, sehingga para penumpang bisa memberikan rating terhadap kualitas pelayanan pengemudi kami," ujar Kosasih.

Kosasih mengaku bahwa pihaknya tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk bekerjasama dengan GoJek dalam pembuatan fitur Go Busway. Rencananya, fitur Go Busway dapat segera dinikmati oleh seluruh pengguna smartphone berbasis Android dan iOS pada akhir tahun ini.