New Horizons Temukan Planet Misterius Dekat Pluto

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2015 05:46 WIB
New Horizons Temukan Planet Misterius Dekat Pluto Planet Pluto hasil jepretan New Horizons (REUTERS/NASA/JHUAPL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat New Horizons terus melanjutkan misinya untuk mengitari Planet Pluto dan sekitarnya untuk mendapatkan gambaran utuh tentang planet tersebut. Misi ini juga mencapai temuan baru soal kemungkinan adanyan Planet X yang misterius di sekitar Pluto.

Astronom Scott Sheppard, dari Carnegie Institution of Washington, mengatakan bahwa ditemukan setidaknya 1.500 es yang berada di dekat dengan sabuk Kuiper dan beberapa cukup besar untuk memenuhi syarat sebaga planet kredil.

Sheppard mencatat bahwa ada juga sesuatu yang lebih besar mengintai di wilayah tersebut karena ada petunjuk dari planet itu mungkin lebih besar dari Pluto dan mungkin lebih besar dari Bumi.


Sebelumnya Sheppard dan Chad Trujill, dari Gemini Observatory di Hawaii, pernah menyusun bukti yang menunjukkan mungkin ada benda gravitasi besar dan menganggu di sistem tata surya kita.

"Sebuah benda besar atau pengganggu besar akan mengganggu atau mengganggu apapun yang datang dekat dengannya. Jadi objek yang tinggal jauh dari 'pengganggu besar' akan menjadi objek yang paling stabil," Sheppard menjelaskan, yang dikutip dari Tech Times.

Para astronom mengatakan bahwa mencari planet X sangat sulit karena potensi jarak planet dari Bumi dan karena tidak menghasilkan cahaya sendiri.

Meskipun banyak astronom setuju bahwa planet ini tidak ada, gagasan keberadaannya dihidupkan kembali oleh sejumlah kecil ilmuwan mencoba mencari penjelasan atas anomali yang diamati di luar tata surya. (tyo)