Spotify Catat Kenaikan 50 Persen Pendengar Podcast

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 02/08/2019 05:23 WIB
Spotify Catat Kenaikan 50 Persen Pendengar Podcast Ilustrasi. (Dok. Spotify)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan layanan musik streaming asal Swedia, Spotify mengungkapkan pencapaian podcast pada kuartal pertama 2019. Hasilnya, pendengar podcast tumbuh lebih dari 50 persen.

Dikutip The Verge, jumlah total pelanggan premum naik sebesar 9 persen menjadi 108 juta dan pengguna aktif bulanan pun tumbuh naik 7 persen menjadi 232 juta.

Pertumbuhan layanan podcast digadang-gadang bakal mendulang pendapatan perusahaan lebih banyak. Pasalnya pada awal tahun ini, Spotify telah mengakuisisi jaringan Gimlet Media dan Anchor sebuah perusahaan yang memproduksi alat untuk monetisasi podcast.
Tak hanya itu, Spotify juga berhasil menggaet Parcast. Saat mengakuisisi Gimlet, perusahaan mengatakan bakal menginvestasikan US$500 juta dalam bisnis podcast mereka.


Guna meraih pendengar yang lebih banyak, pada Juni lalu, perusahaan telah menyepakati kerja sama dengan Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya Michelle untuk memproduksi podcast secara eksklusif.

Keduanya akan mengembangkan, memproduksi, dan meminjamkan suara mereka untuk seri siaran yang menyuguhkan berbagai topik. Kesepakatan itu sendiri dibuat di bawah perjanjian antara perusahaan layanan musik streaming Spotify dengan perusahaan produksi milik Barack dan Michelle, Higher Ground Productions.

Belum diketahui konten podcast tersebut akan memiliki fokus politik secara eksplisit atau tidak. Namun, Spotify memastikan bahwa podcast ini akan menyuguhkan sajian yang beragam. CEO Spotify Daniel Ek pun memperkirakan bahwa 20 persen dari semua pendengar pada Spotify datang dari layanan podcast. (din/age)