Sri Mulyani Ajak 'Orang Tajir' Tanam Modal di Indonesia

SAH, CNN Indonesia | Selasa, 13/03/2018 13:44 WIB
Sri Mulyani Ajak 'Orang Tajir' Tanam Modal di Indonesia Menteri Keuangan Sri Mulyani menjanjikan adanya insentif bagi pengusaha yang mau menginvestasikan kembali keuntungannya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak orang-orang kaya di Indonesia untuk lebih banyak menginvestasikan dananya di dalam negeri. Ia pun menjanjikan adanya insentif bagi pengusaha yang mau menginvestasikan kembali keuntungannya.

"Orang tajir ini pasti banyak dananya. Saya pesan agar surplus usahanya jangan dimasukan ke sekuritas atau ke luar negeri tanamkan di Indonesia kami kasih insentif," kata Sri Mulyani dalam sambutannya di acara Apresiasi dan Penghargaan Kepada Wajib Pajak Besar, di Jakarta, Selasa (13/3).

Insentif Investasi tersebut, menurut Sri Mulyani, berupa libur pajak (tax holiday), keringanan pajak (tax allowance), keringanan Pajak Penghasilan (PPh) UKM, dan Insentif bagi erusahaan untuk melakukan penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) maupun memberikan pendidikan vokasi.



Sri Mulyani mengatakan, keempat kebijakan insentif tersebut akan selesai sebelum bulan April mendatang. Ia berharap dengan kebijakan tersebut pengusaha akan semakin bergairah untuk berinvestasi di Indonesia.

"Ada perubahan yang sangat radikal di dalam cara kami nanti mengubah dan mendesain insentif investasi," kata Sri Mulyani.


Mantan Direktur Pelaksanaan Bank Dunia ini menekankan, pemerintah punya komitmen tinggi dari sisi reformasi dan kebijakan investasi. Untuk itu, pemerintah akan memberikan kemudahan, simplifikasi, pelayanan, dan kepastian dalam investasi.

"Ini semua bertujuan supaya dunia usaha confidence dan yakin, bahwa Indonesia is a growing market, growing economy," kata Ani. (agi/agi)