Tidur Malam yang Buruk Meningkatkan Permusuhan di Kantor

Windratie, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2015 21:07 WIB
Tidur Malam yang Buruk Meningkatkan Permusuhan di Kantor Kurang tidur memengaruhi kemampuan seseorang untuk membuat keputusan. (Thinkstock/OcusFocus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang tidak mendapatkan istirahat cukup. Alasannya bisa bermacam-macam. Entah itu karena lembur di kantor hingga harus pulang malam, atau barangkali karena tidak bisa menahan untuk tidak menonton program televisi favorit.

Namun, berdasarkan penelitian, kebiasaan tidur malam yang buruk dapat mengikis pengendalian diri seseorang. Kurang tidur memengaruhi kemampuan seseorang untuk membuat keputusan. Artinya, mereka akan menjadi impulsif dan lalai, kata para ilmuwan memperingatkan.

Sifat-sifat tersebut memiliki efek serius pada kehidupan pribadi dan profesional mereka.


“Kontrol diri merupakan bagian dari pengambilan keputusan sehari-hari. Ketika berada pada kondisi keinginan yang saling bertentangan dan kesempatan, pengendalian diri memungkinkan seseorang untuk mempertahankan kontrol diri,” kata Profesor Juni Pilcher, dari Universitas Clemson, di Carolina Selatan.

“Penelitian kami mengeksplorasi, bagaimana kebiasaan tidur dan kontrol diri terjalin, dan bagaimana kebiasaan tidur dan kontrol diri bekerjasama memengaruhi fungsi sehari-hari seseorang.”

Penelitian sebelumnya menunjukkan, individu yang bekerja di era ekonomi global 24 jam sehari saat ini, sering kali mengalami kurang tidur atau tidur pada waktu yang tidak teratur. Akhirnya mereka mengalami kurang tidur berkepanjangan yang memengaruhi pengambilan keputusan.

“Melatih pengendalian diri memungkinkan orang membuat pilihan yang lebih baik ketika berhadapan dengan keinginan bertentangan dan peluang,” kata Pilcher. “Ini dapat berimplikasi untuk karier dan kehidupan pribadi.”

Kebiasaan tidur buruk, contohnya jumlah waktu tidur yang berbeda setiap malam dan tidak cukup waktu tidur, juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Termasuk di antaranya adalah penambahan berat badan dan tekanan darah tinggi, berdasarkan hasil temuan sebelumnya.  

Penelitian tersebut juga menemukan, kurang tidur menurunkan kontrol diri seseorang, dan meningkatkan permusuhan pada orang lain, sehingga menciptakan masalah di tempat kerja dan di rumah,” ucap Pilcher menambahkan.

Kebiasaan tidur yang lebih baik memberikan tingkat cadangan energi yang lebih stabil di siang hari. Semakin banyak energi yang dimiliki seseorang, semakin besar kemungkinan dia membuat keputusan untuk pilihan yang lebih sulit.

“Banyak aspek kehidupan sehari-hari yang dipengaruhi oleh kemampuan tidur dan pengelolaan kontrol diri yang lebih baik," kata Dr Pilcher.


(win/win)