Fan Resah Nasib Animasi di China Usai Ultraman Tiga Lenyap

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 19:00 WIB
Fan animasi di China mengkhawatirkan nasib kartun di sana setelah Ultraman Tiga menghilang dari layanan streaming. Fan animasi di China mengkhawatirkan nasib kartun di sana setelah Ultraman Tiga menghilang dari layanan streaming. (Foto: Arsip Tsuburaya Productions via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggemar animasi China mendesak regulator televisi lokal merumuskan sistem klasifikasi yang jelas. Desakan itu disampaikan karena khawatir beberapa serial animasi favorit seperti Detective Conan dan Peppa Pig dihilangkan dari layanan streaming.

Kekhawatiran tersebut juga muncul setelah serial televisi Jepang, Ultraman Tiga, telah menghilang dari platform video seperti iQIYI, Tencent TV, dan Youku. Namun, beberapa video terkait serial tersebut masih bisa disaksikan.

Seperti dilansir Global Times beberapa waktu lalu, langkah penghapusan itu diduga karena kekhawatiran pengaruh kekerasan kepada anak-anak.


Sebelumnya, seorang pejabat Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mendesak layanan streaming menjalankan saluran khusus untuk mempromosikan konten sehat bagi anak-anak dan remaja.

Ia juga dengan tegas menolak penyiaran animasi atau kartun yang mengandung adegan kekerasan, darah, dan pornografi.

Banyak netizen meyakini penghapusan itu disebabkan keluhan orang tua tentang konten kekerasan dalam serial tersebut.

Sementara itu, warganet yang lain berspekulasi penghapusan tersebut terkait dengan laporan investigasi Komite Perlindungan Konsumen Provinsi Jiangsu tentang produk animasi yang mungkin memengaruhi pertumbuhan anak di bawah umur.

Hasil investigasi terkait Ultraman Tiga, Peppa Pig, dan Detective Conan di halaman sebelah...

Fan Khawatirkan Nasib Kartun Detective Conan dan Peppa Pig

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK