Menteri Anies Ungkap 52 Daerah Berintegritas Tinggi UN 2014

Yohannie Linggasari, CNN Indonesia | Jumat, 17/04/2015 23:31 WIB
Menteri Anies Ungkap 52 Daerah Berintegritas Tinggi UN 2014 Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan (kanan) menyalami para peserta Ujian Nasional (UN) di SMA N 2 Jakarta, Jakarta, Selasa (14/4). (CNN Indonesia/Yohannie Linggasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyatakan ada 52 daerah yang dianggap berintegritas tinggi melaksanakan ujian nasional (UN) menurut data Kemendikbud 2010-2014.

Sebanyak 52 kabupaten tersebut masuk dalam indeks integritas UN di atas 90. "Artinya, lebih dari 90 persen sekolah di daerah tersebut menyelenggarakan UN dengan jujur," kata Anies di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/4).

Itu artinya, kata Anies, tingkat kecurangan di sekolah tersebut di bawah 10 persen. Semua wilayah DKI Jakarta masuk dalam indeks integritas tersebut, yaitu Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, dan Kota Jakarta Utara.


Hal ini membuat Presiden Joko Widodo memuji Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). "Selamat kepada Gubernur DKI Jakarta karena indeks integritas Jakarta termasuk tinggi," kata Jokowi kepada Ahok saat mengunjungi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Gajah Mada, Jakarta Barat, Selasa (14/4).

Selain wilayah DKI Jakarta, wilayah di bagian Indonesia timur juga masuk dalam daftar, seperti Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Memberamo Raya, serta Kabupaten Nduga.

Dijelaskan oleh Anies, indeks integritas bukanlah hal yang baru dalam dunia akademik. Namun, di Indonesia jarang dipakai. Untuk tahun ini, Anies mengatakan indeks integritas akan memberi informasi yang lebih detil, yaitu dengan memasukkan nama sekolah.

"Indeks ini untuk menunjukkan bahwa berbuat curang sekarang akan ketahuan. Nanti setelah UN akan kami paparkan hasilnya secara detil," kata Anies. (sur/sur)