Menteri Susi Dorong Pemprov DKI Perbanyak Resapan Air

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Selasa, 21/04/2015 14:17 WIB
Menteri Susi Dorong Pemprov DKI Perbanyak Resapan Air Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memberikan keterangan terkait evaluasi dan tindak lanjut penanganan ABK kapal asing di Benjina oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta, Rabu, April 2015. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tidak mempermasalahkan rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan reklamasi di wilayah perairan utara ibu kota. Namun, Susi mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk tetap menyediakan lahan penampungan air di daratan Jakarta sebagai penunjang pulau reklamasi yang akan dibangun nantinya.

Penyediaan lahan penampungan air dibutuhkan agar pengentasan banjir di Jakarta dapat berjalan maksimal dan tidak menyisakan genangan-genangan di daratan ke depannya.

"Pengambilan wilayah air untuk menjadi daratan itu sah-sah saja, diperbolehkan untuk tujuan pembangunan, pariwisata, atau penambahan wilayah. Tetapi wilayah air yang ditutup itu harus mendapatkan ganti (luas) yang sama (di daratan)," ujar Susi di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/4).


Dalam kunjungannya ke Balai Kota tadi, Susi menyampaikan pujiannya terhadap upaya Pemprov DKI dalam melakukan revitalisasi waduk dan sungai yang berada di wilayah Jakarta. Namun, ia mengingatkan bahwa cakupan daerah resapan air di ibu kota masih sangat kurang untuk saat ini.

Jika penyediaan lahan resapan air yang mencukupi di Jakarta belum bisa dilakukan, maka Susi merekomendasikan agar rencana reklamasi ditunda terlebih dahulu oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kalau wilayah penampungan genangan air belum cukup untuk mengkompensasi wilayah air (laut) yang terambil (karena reklamasi), maka semestinya rekmalasi ditunda. Ini pendapat saya pribadi," ujar Susi menekankan.

(obs/obs)