KPK versus Setnov di Praperadilan Segera Dimulai

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Selasa, 12/09/2017 08:25 WIB
KPK versus Setnov di Praperadilan Segera Dimulai Setya Novanto resmi mengajukan praperadilan terhadap penetapan tersangka oleh KPK. Sidang perdana akan digelar di PN Jakarta Selatan pukul 09.00 WIB. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sidang praperadilan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dimulai pagi ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Pria yang karib disapa Setnov itu mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

"Betul sidang hari ini, pukul 09.00 WIB," kata Humas PN Jaksel Made Sutrisna saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (12/9).
Setnov resmi mengajukan praperadilan pada Senin 4 September 2017. Gugatan praperadilan Ketua Umum Partai Golkar itu teregister dalam Nomor 97/Pid.Prap/2017/PN Jak.Sel. PN Jakarta Selatan menunjuk hakim Cepi Iskandar untuk menangani praperadilan yang diajukan Setnov.

Adapun sejak ditetapkan sebagai tersangka pada 17 Juli 2017 lalu, Setnov belum pernah diperiksa sebagai tersangka. Sementara dalam agenda pemeriksaan kemarin oleh penyidik KPK, Setnov mangkir dengan alasan sakit dan dirawat di rumah sakit.
Dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP, Setnov dijerat KPK dengan Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.


Ketua Umum Partai Golkar itu dipastikan tidar hadir dalam sidang perdana praperadilan lantaran sedang dirawat di rumah sakit. Kemarin Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham datang ke KPK untuk mengantar surat keterangan dokter perihal kondisi kesehatan Setnov karena gula darahnya kambuh.
Di sisi lain, KPK menyatakan menghadiri sidang praperadilan ini. KPK sudah menyiapkan Biro Hukumnya untuk menghadapi sidang tersebut. (osc/osc)